Home Nasional Raih 2 Kursi, Golkar Ungguli PDIP di Dapil Jateng II

Raih 2 Kursi, Golkar Ungguli PDIP di Dapil Jateng II

0
SHARE
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

POROSNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (30/4) telah menetapkan sekaligus mengesahkan perolehan suara partai dan calon anggota DPR RI untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah II yang meliputi Kabupaten Kudus, Jepara dan Demak.

Dari total tujuh kursi yang diperebutkan, Partai Golkar mendapat jatah 2 kursi di dapil tersebut. Dan satu kursi berhasil diraih oleh caleg petahana Golkar, Nusron Wahid dengan perolehan suara sebanyak 243.021.

Adapun jumlah suara sah partai politik dan caleg sebanyak 1.579.820 suara. Sedangkan alokasi kursi sebanyak 7. Maka untuk menentukan bilangan pembagi pemilih (BPP), suara sah harus dibagi dengan jumlah kursi. Dan hasilnya harga satu kursi di dapil Jateng II sebanyak 225. 688 suara.

Dari 12 partai politik peserta pemilu hanya Partai Golkar yang sanggup menembus bilangan BPP. Walhasil, pada tahap pertama Golkar meraih satu kursi. Kemudian pada tahap kedua sisa 6 kursi dibagi kepada partai politik yang perolehan suaranya dibawah partai Golkar.

Dan dari pembagian tahap kedua, partai politik berlambang pohon beringin kembali mendapatkan satu kursi, atas nama Bowo Sidiq Pangarso dengan raupan suara sebanyak 66.909 suara.

Selanjutnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, PDIP, PPP dan NasDem masing-masing memperoleh satu jatah kursi. Berikut nama-nama celeg yang dipastikan bakal lolos ke parlemen ; PKB atas nama Fathan dengan perolehan suara 93.097 suara. Gerindra atas nama Abdul Wachid dengan total 65.925 suara. PDIP atas nama Daryatmo Mardiyanto. PPP atas nama Mukhlisin dengan capaian suara sebanyak 71.515 dan Partai NasDem atas nama M. Prasetyo dengan total suara sebanyak 51.999. ANT/ Darmo.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY