Home DUNIA Uji Coba Nuklir, Kim Jong-un Ganti Pejabat Tinggi Militer

Uji Coba Nuklir, Kim Jong-un Ganti Pejabat Tinggi Militer

0
SHARE

kim jongunPOROSNEWS.COM – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengganti pejabat tinggi militernya, yang secara de facto adalah deputinya sendiri, bertepatan saat Korea Selatan melaporkan bahwa Korut sedang menyiapkan uji coba nuklir keempat.

Pejabat itu adalah Wakil Marsekal Hwang Pyong So yang diidentifikasi oleh Korean Center News Agency (KCNA) sebagai direktur pada Biro Politik Tentara Rakyat Korea Utara.

Posisi itu sebelumnya dijabat oleh Choe Ryong Have, yang dianggap sebagai wakil Kim sejak dia mengeksekusi pamannya, Jang Song Thaek, pada Desember silam.

Masih belum jelas apakah Choe telah dipecat atau dipindahkan ke jabatan lain. “Choe mungkin telah dipecat karena kesalahannya atau secara sukarela mengundurkan diri karena alasan kesehatan, kita belum mengetahui,” kata Yang Moo Jin, profesor di University of North Korean Studies di Seoul.

“Yang jelas adalah Kim semakin mengontrol kekuasaannya dengan menunjuk Hwang, yang berada di garis depan dalam gerakan untuk menyatukan negara itu di belakang Kim,” ujarnya.

Hwang juga dipromosikan menjadi wakil marsekal angkatan bersenjata.

Gerakan kesatuan itu bertepatan dengan penilaian Korsel selama dua minggu terakhir bahwa Korut sedang meningkatkan aktivitas uji coba nuklir.

Kim mengambil alih kepemimpinan Korut pada Desember 2011 setelah ayahnya, Kim Jong Il, meninggal. Sejak itu dia telah mengganti posisi panglima angkatan darat selama tiga kali.

Pada Februari tahun lalu, rezimnya melakukan uji coba nuklir ketiga. Menyusul diluncurkannya puluhan roket pada awal tahun ini, termasuk sejumlah rudal yang dilarang dalam resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Korut mengatakan pihaknya dapat melakukan uji coba nuklir dengan bentuk yang baru.

(PRAS/Bst/blommberg)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY