Home Nasional Daerah Di Kupang Siswi Hamil Boleh Ikuti UN

Di Kupang Siswi Hamil Boleh Ikuti UN

0
SHARE
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

POROSNEWS.COM – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan izin kepada siswi atau pelajar setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dalam kondisi hamil bisa mengikuti ujian nasional (UNB).

“Pelajar yang karena kondisi tertentu mengalami kehamilan akan tetap diizinkan mengikuti UI,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kupang Jerhans Adolf Ledoh di Kupang, Sabtu (3/5).

Jerhans menjelaskan, pemberian kesempatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dari Pemkot Kupang, sehingga siswi yang hamil tidak merasa didiskriminasi dan mereka dapat menyelesaikan jenjang pendidikan yang ditempuh. Namun, jika dalam pelaksanaan UN tersebut, siswi yang hamil tidak bisa mengikuti ujian secara kolektif, maka pihaknya menegaskan akan memberikan dispensasi berupa ujian susulan.

“Tetapi jika kondisinya tidak bisa, maka diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian susulan,” sambungnya.

Jerhans mengaku, sejauh ini, belum mendapatkan laporan tentang jumlah peserta UN tingkat SMP sederajat di Kota Kupang yang mengalami kehamilan. Namun demikian, pemerintah sudah mengantisipasinya, dengan menyediakan kebijakan untuk memberikan ruang yang cukup bagi siswa hamil, tetap ikut ujian akhir tersebut.

“Memang saat ini belum diketahui ada siswa yang hamil, namun intinya siswa yang hamil diperbolehkan ikut ujian nasional yang mulai diselenggarakan pada Senin (5/5/2014),” tutupnya. ANT/Darmo.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY