Home Nasional Metropolitan Kata Kemenhub, Proyek Monorel Tetap Berjalan

Kata Kemenhub, Proyek Monorel Tetap Berjalan

0
SHARE

monorel22POROSNEWS.COM – Pemerintah pusat mendukung penuh pelaksanaan program monorel di Jakarta. Direktur Lalu Lintas dan Angkatan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hanggoro Budi Wiryawan, mengatakan, proyek monorel yang dikerjakan PT Jakarta Monorail (JM) tersebut harus tetap berjalan.

“Jadi dua minggu lalu, kita ketemu tim dari Jakarta Monorail. Kita full team. Pertemuan itu dibuka sebentar Pak Wamen, beliau sangat antusias dorong Jakarta Monorail. Apa perizinan di sisi kita untuk diminta dipercepat,” ungkap Hanggoro, di Jakarta, Senin (5/5/2014).

Di depan pejabat Kemenhub, lanjut Hanggoro, PT JM menjelaskan perkembangan proyek dan kendala yang dihadapi. “Menurut penjelasan pihak JM, progress untuk monorel saat ini sedang dalam proses memenuhi beberapa persyaratan terkait Kerja sama Pemerintah-Swasta (KPS),” katanya.

Hanggoro menambahkan, JM pada pertemuan tersebut menyampaikan tarif tiket monorel berada pada kisaran Rp9.000.  Diharapkan, pemasukan PT JM dari tarif tiket mendapai 20-30 persen saja, “Selebihnya dari properti. Mereka sudah dalam proses (pendapatan) untuk mencapai komposisi 70 (pendapatan dari area komersial) berbanding 30 (pendapatan dari tiket) atau 80:20,” jelasnya.

Rute monorel green line dan blue line lanjut dia, merupakan area bisnis di jantung kota Jakarta. Sehingga Pemprov DKI dan Jakarta Monorail masih menghitung nilai sewa pemanfaatan lahan yang akan dikembangkan untuk area komersial seperti mal.

“Ini ada beberapa belum memenuhi permintaan DKI, karena lahan yang digunakan itu prime area semua. Tapi kami yakin ini akan berproses untuk penyelesaiannya. Kami berharap akan berjalan,” tutur Hanggoro.

Seperti diketahui, monorel ialah salah satu program transportasi massal di DKI Jakarta yang dijalankan dengan pola KPS. Proyek ini sudah melewati proses legal review, kajian tehnis, dan kajian financial oleh Tim  Komite Kebijakan Percepatan Penyediaan Infrastruktur (KPPI) bentukan Bappenas dan Menko Perekonomian RI. (Pras/Oz)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY