Home RAGAM Sarjana Muda Dilarang Nganggur, Ini Tipsnya

Sarjana Muda Dilarang Nganggur, Ini Tipsnya

0
SHARE

sarjana mudaPOROSNEWS.COM  – Usai lulus kuliah, Anda tentunya berharap bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Namun dengan persaingan yang sangat ketat, Anda pun harus bisa membuat diri terlihat ‘menonjol’ di mata perusahaan.

Untuk itu, cobalah beberapa cara berikut ini untuk bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

Buat daftar perusahaan idaman

Saat masih kuliah, Anda tentunya sudah mulai memikirkan ingin menggeluti karir apa dan perusahaan mana yang kira-kira cocok dengan Anda. Buatlah daftar berisi perusahaan idaman Anda dan coba cari informasi sebanyak-banyaknya.

Gunakan media sosial, internet, atau bahkan kenalan Anda untuk bisa mengetahui apakah ada lowongan yang sesuai dengan bidang Anda.

Langsung terjun ke dunia kerja

Daripada menganggur terlalu lama, cobalah ambil setiap kesempatan kerja yang ditawarkan pada Anda. Ini bisa berupa magang atau bekerja dengan gaji yang tidak sesuai keinginan.

Namun untuk tahap awal, hal ini tidak apa-apa. Setidaknya Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga dan bisa melakukan networking,

Buatlah diri Anda dikenal

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat nama Anda dikenal.

Ciptakan blog dan isilah sesuai dengan bidang kerja Anda. Buat profil LinkedIn Anda semenarik mungkin bagi perekrut. Meski Anda belum banyak memiliki pengalaman, bukan berarti Anda tak bisa menjual skill atau keahlian Anda ke perusahaan.

Intinya, bersikaplah proaktif dan jangan malas berusaha demi mendapatkan karir idaman. (Pras/BSJ)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY