Home Nasional Daerah UN Kacau, Soal Matematika Tertukar dengan Bahasa Inggris

UN Kacau, Soal Matematika Tertukar dengan Bahasa Inggris

0
SHARE

ujian_nasionalPOROSNEWS.COM  – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP sederajat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sempat diwarnai tertukarnya soal.

Pada hari kedua pelaksanaan UN ini seharusnya materi yang diujikan adalah matematika, namun yang dibagikan malah soal Bahasa Inggris.

Seorang siswa MTs Muhammadiyah Weleri, Diah Puri (15), mengaku kaget lantaran soal yang ia terima berlabel Bahasa Inggris. Diah mengaku, ada enam siswa yang sempat menerima soal Bahasa Inggris tersebut.

“Tapi tidak saya lihat isi soalnya karena belum ada perintah dari pengawas,” ungkapnya, Selasa (6/5/2014).

Sementara itu Kepala Sekolah MTs Muhammadiyah Weleri, Mahmudi, mengatakan, ada dua ruang yang dipakai UN di sekolahnya, dan hanya satu ruangan yang mengalami kesalahan tersebut.

“Tidak sempat menciptakan kegaduhan, dan siswa juga kooperatif, termasuk rela menunda UN selama 30 menit,” tuturnya.

Ia juga menjamin, tidak ada kebocoran soal karena masalah ini langsung diketahui pengawas. Para siswa belum melihat soal tersebut. Mata pelajaran Bahasa Inggris seharusnya baru diujikan besok.

Meski ditunda, namun durasi ujian matematika tersebut tetap digulirkan sesuai ketentuan, yakni 120 menit. Penundaan setengah jam tersebut lantaran pengawas pihak sekolah harus menukarkan soal yang salah ke subrayon terlebih dahulu. MTs Muhammadiyah Weleri tergabung dalam Subrayon Weleri Barat. (OZ)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY