Home Nasional Hukum Hukuman Mati, Pilihan Cerdas Bagi Pelaku Kekerasan Seksual pada Anak

Hukuman Mati, Pilihan Cerdas Bagi Pelaku Kekerasan Seksual pada Anak

0
SHARE

hukuman-mati-DLMPOROSNEWS.COM  – Penegakan hukum terhadap pelaku kekerasan terhadap anak dinilai masih lemah. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendesak kepada pemerintah untuk melakukan revisi terhadap Undang-Undang Perlindungan Anak.

“KPAI sebenarnya mengusulkan perlu ada revisi terhadap Undang-Undang Perlindungan Anak, kalo sekarang hukuman hanya 15 tahun. Kalo bisa sekarang minimal 15 tahun, syukur kalau maksimal hukuman mati,” jelas Komisioner KPAI, Susanto kepada Okezone, Rabu (7/5/2014).

Ia menanggap kekerasan seksual terhadap anak sudah sering terjadi dan korban kekerasan seksual bisa berpotensi sebagai pelaku. Jadi, lanjut dia, efek domino yang dihasilkan dari tindak kejahatan ini sudah menghawatirkan.

Untuk pelaku kekerasan seksual yang masih dibawah umur, pihaknya harus mendiskusikan lebih lanjut untuk menentukan hukuman yang tepat.

“Pelaku di bawah umur itu, itu kan memang restirative justice dan mandatnya dalam undang-undang seperti itu. Di sistem peradilan anak kejahatan hukum apa saja,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong kepada pemerintah untuk melakukan langkah preventif, baik dari aspek regulasi, kebijakan, program, budgeting dan kelembagaanya.

“Kekerasan seksual terus terjadi karena perlindungan terhadap korban dari aspek preventifnya belum banyak dilakukan. Ini tanggung jawab semua penyelenggara perlindungan anak baik dari pemda atau organisasi sosial lainnya,” tukasnya. (Pras/Oz)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY