Home Nasional Hukum Hakikat Intelegen itu Bergerak Cepat

Hakikat Intelegen itu Bergerak Cepat

0
SHARE

AM_HendropriyonoPOROSNEWS.COM – Mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Hendropriyono mengatakan, pada hakikatnya intelijen adalah sebuah operasi yang cepat dan tepat demi keselamatan negara.

Sehingga, intelijen tidak beroperasi pasca kejadian layaknya penegak hukum.

“Dasar berpijak aparat intelijen yang bersangkutan adalah moral yang merupakan payung paradigmatik bagi segala macam alternatif siasat,” kata Hendropriyono, di acara pengukuhannya sebagai guru besar dalam Bidang Ilmu Intelijen, di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (7/5).

Lebih lanjut, mengutip pendapat Donny Gahral Adian, Hendro mengatakan, kedaruratan adalah dasar bagi jenis hukum dan keadilan baru.

“Dalam suatu realitas yang goncang, kita tidak perlu sibuk mencari landasan hukum positif dalam menyelamatkan rakyat. Hal itu pada dasarnya suasana kedaruratan sejak kelahirannya sudah berwatak hukum,” ujarnya.

Dalam kondisi demikian, sambung Hendro, aparat intelijen yang bertindak cepat dan tepat dalam mencegah terjadinya bahaya terhadap keselamatan manusia tidak sedang melanggar hukum. Karena, intelijen juga tidak sedang mengeksekusi hukum.

“Apa yang dilakukannya adalah mende-eksekusi hukum, sekaligus berada dalam proses penciptaan hukum baru,” tuturnya dalam orasi berjudul ‘Filsafat Intelijen Negara Republik Indonesia.” (Pras/Actual)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY