Home DUNIA Italia, Tuan Rumah Juara Dunia Pertama

Italia, Tuan Rumah Juara Dunia Pertama

0
SHARE

italiaPOROSNEWS.COM – Dalam sejarah Piala Dunia untuk pertama kali, tuan rumah menjadi juara. Di Piala Dunia 1934, Italia keluar sebagai juara dunia di kampung halaman sendiri. Itu menjadi gelar Piala Dunia pertama Italia.

Dan untuk pertama kali, Federasi sepakbola dunia (FIFA) memberlakukan sistem Kualifikasi untuk menentukan peserta yang berhak tampil di Piala Dunia. Format kualifikasi digunakan sampai saat ini. Piala Dunia 1934 diikuti 16 negara. Jumlah ini meningkat 3 negara dari gelaran pertama empat tahun sebelumnya.

Gelaran Piala Dunia 1934 dimulai 27 Mei hingga 10 Juni. Untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, Italia harus bersaing dengan Swedia. Bahkan, FIFA harus berkongres sampai 8 kali untuk menentukan Italia sebagai tuan rumah Piala Dunia. Komite Eksekutif FIFA memutuskan Italia menjadi host tanpa surat suara.

Tokoh Fasis Italia, Benito Mussolini–saat itu memimpin Italia–memberikan dana besar guna mendukung terselenggaranya Piala Dunia. Dana sebesar 3,5 juta lira dipersiapkan Italia untuk menggelar Piala Dunia.

Italia menyiapakan 8 venue yang tersebar di delapan titik. Turin, Milan, Genoa, Bologna, Florence, Roma, Napoli dan Trieste terpilih menjadi venue Piala Dunia. Stadio San Siro, Milan memiliki kapasitas terbesar dengan kapasitas 55 ribu penonton.

Piala Dunia 1934 tidak menggunakan babak penyisihan grup. Semua kontestan saling bertemu di babak pertama dan langsung babak perempatfinal. Seluruh pertandingan digelar serentak di hari yang sama.

Final Piala Dunia 1934 mempertemukan Italia dan Cekoslowakia. Bertanding di Stadio Nazionale PNF (National Facist Party). Italia memetik kemenangan dengan skor 2-1. Jerman berhak menempati peringkat tiga setelah mengalahkan Austria di perebutan tempat tiga dengan skor 3-2. (Pras/Lip6)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY