Home Nasional Hukum Antisipasi Penetapan Suara Nasional Pileg Molor, SBY Perintahkan Kemendagri Buat Perppu

Antisipasi Penetapan Suara Nasional Pileg Molor, SBY Perintahkan Kemendagri Buat Perppu

0
SHARE
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM – Ketua Umum DPP Partai Demokrat yang juga Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah memerintahkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi untuk menyiapkan draft Peraturan Pemerintah pengganti Perundang-Undangan (Perppu) yang bakal diguanakan sebagai payung hukum bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara partai politik calon anggota DPR, DPD secara nasional.

SBY menjelaskan Perppu tersebut baru bisa dikeluarkan jika KPU menyatakjan diri tidak sanggup menyelesaikan penghitungan rekapitulasi suara secara nasional tepat waktu, yaitu pada Jumat (9/5) atau esokj hari.

“Presiden telah memerintahkan Mendagri untuk proaktif memantau dan memfasilitasi penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU, apabila diperlukan adanya perppu untuk perpanjangan masa rekapitulasi,” ujar Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Didik Suprayitno seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Kamis (8/5).

Sesuai pasal 207 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD, rekapitulasi hasil pemilihan legislatif tingkat nasional harus disahkan oleh KPU paling lambat 30 hari setelah pemungutan suara. Jika KPU tidak menetapkan perolehan hasil pemilu itu, maka anggota KPU terancam hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 60 juta.

Hingga H-1 ini, lembaga pimpinan Husni Kamil Manik baru mampu menetapkan sekaligus mengesahkan perolehan suara perolehan partai politik dan calon anggota DPR RI di 22 provinsi. Dan pada hari ini (Kamis, 8 Mei), KPU RI menjadwalkan bahwa pihaknya akan segera menetapkan sekaligus mengesahkan perolehan suara partai politik, calon anggota DPR di 11 provinsi. Dan khusus untuk untuk perolehan suara DPD, KPU sudah menetapkan 23 Provinsi, sisanya sebanyak 10 Provinsi bakal ditetapkan hari ini atau paling lambat esok hari. KC/PN/Marco.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY