Home Nasional Kementerian Desa Harus Ada

Kementerian Desa Harus Ada

0
SHARE

desaPOROSNEWS.COM  – Parade Nusantara bersama Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) mendesak pembentukan Kementerian Desa kepada presiden yang terpilih pada Pilpres 2014 nanti.

Sebagai inisiator lahirnya Undang-undang Desa, Parade Nusantara akan terus mengawal agar Undang-undang tersebut benar-benar bisa diterapkan  untuk mewujudkan kebangkitan Desa Nusantara.

Ketua Parade Nusantara, Sudir Santoso mengatakan, deklarasi kebangkitan Desa Nusantara yang diikuti 40 ribu orang kemarin tidak terkait dengan aksi dukung mendukung salah satu calon presiden yang bakal maju di Pilpres.

“Kami tidak peduli siapapun capres  yang terpilih nanti. Bagi kami selaku insiator, Kementerian Desa adalah satu keharusan untuk kabinet baru nanti,” terang Sudir, Minggu (11/5/2014).

Sejak tujuh tahun silam lanjutnya, Parade Nusantara menjadi inisiator, pelopor dan motor penggerak, serta tetap konsisten mendorong pembentukan Undang-undang Desa. Dia berharap,  Undang-undang Desa jangan hanya diklaim untuk kepentingan elite politik namun tidak pelaksanaan di lapangan.

“Agar Undang-undang segera dapat dilaksanakan, dan ini akan menjadi kado buat kami dari presiden SBY sebelum beliau lengser,” paparnya.

Dia menambahkan, besarnya anggaran untuk setiap desa bisa menimbulkan ekses negatif  Karena itu, menurutnya, perlu pendampingan, peningkatan kapasitas aparatur desa agar mampu mengelola dan mempertanggungjawabka dana APBN.

“Dana miliaran untuk desa itu harus bisa mewujudkan kebangkitan desa-desa di seluruh nusantara, bukan sebaliknya hanya jadi bancakan orang -orang tertentu,” tukasnya. (PN-PRAS/OZ)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY