Home Nasional Hukum Kawal Sidang PHPU di MK, Polda Metro Jaya Kerahkan 800 Personil

Kawal Sidang PHPU di MK, Polda Metro Jaya Kerahkan 800 Personil

0
SHARE

Polri_Brimob_1

POROSNEWS.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Pol Dwi Prayinto menjamin pelaksanaan sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstirtusi (MK) pada tanggal 23 Mei mendatang berjalan dengan aman. Untuk memastikan hal tersebut Polda Metro Jaya bakal menurunkan 800 gabungan personil kepolisian.

“Awal sidang pada tanggal 23 Mei, ada 8 SSK (satuan setara kompi_red) yang akan diterjunkan,” kata Dwi Prayitno saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Selasa, (13/5).

Lebih lanjut, perwira tinggi bintang dua itu menambahkan, pihaknya sengaja menurunkan ratusan personil untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, termasuk kemungkinan rusuh saat sidang berlangsung. Menurutnya potensi gangguan selama pelaksanaan sidang pasti ada, terlebih sidang di MK terkait dengan persoalan politik dan pemilu.

“Personel yang akan diterjunkan dalam persidangan nanti adalah personel berseragam dan tidak berseragam,” tegas Dwi.

Selain itu, Dwi berharap pelaksanaan sidang di MK berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Namun demikian apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,  pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi atas hal tersebut.

“Untuk pengamanan sendiri terdiri dari ring satu gedung MK, ring dua halaman depan MK dan ring tiga, lalu lintas di depan gedung MK.
Terdiri dari unit preventif dan satgas deteksi. Untuk pengamanan sendiri, pihaknya sudah melakukan hal tersebut ketika masa kampanye kemarin,” tutupnya. (Mer/PN/Mar). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY