Home Nasional Daerah Persiapan Mudik, 5 Kapal Pelni Makasar Dirawat Berkala

Persiapan Mudik, 5 Kapal Pelni Makasar Dirawat Berkala

0
SHARE

kapal pelniPOROSNEWS.COM  – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Makassar menyatakan 5 unit kapal penumpang perseroan tengah menjalani perawatan berkala dan pengecekan mesin di beberapa galangan di Tanah Air.

Manager Usaha Pelni Cabang Makassar Adluwiyanto mengemukakan docking kelima kapal tersebut dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan arus penumpang yang diprediksi bakal terjadi pada periode Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Menurutnya, seluruh kapal tersebut merupakan kapal penumpang yang selama ini melayani pelayaran dari Pelabuhan Makassar dengan tujuan sejumlah kota di Indonesia Timur maupun bagian barat.

“Dock sudah kami lakukan mulai sekarang apalagi prosesnya itu tidak sebentar, butuh waktu hingga 2 bulan. Ini agar kondisi kapal optimal dalam melayani lonjakan arus penumpang nantinya,” katanya, Selasa (13/5/2014).

Adapun, 5 kapal penumpang yang docking saat ini adalah KM Bukit Siguntang, KM Gunung Sinabung, KM Ciremai, KM Gunung Dempo, dan KM Umsini.

Proses dock dilakukan di galangan kapal yang berada di Surabaya, Jakarta dan Semarang.

Selain menghadapi periode Ramadan dan Lebaran, kata Adluwiyanto, dock kelima kapal tersebut bagian dari rutinitas Pelni yang dilakukan beberapa bulan sekali guna memantapkan pelayanan.

Adapun, pada periode Ramadan dan Lebaran mendatang arus penumpang kapal Pelni yang melalui Pelabuhan Makassar diperkirakan naik hingga 15% dibandingkan dengan hari biasa yang mencapai 500 hingga 600 penumpang per hari.

Sementara itu, papar Adluwiyanto, terkait penaikan harga tiket kapal Pelni secara rerata hingga 20% yang efektif diterapkan 15 Mei, telah disosialisasikan kepada para calon penumpang yang bakal berangkat melalui Pelabuhan Makassar. (PN-PRAS/Bisnis)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY