Home OLAHRAGA Eks Punggawa Liverpool Terjun ke Politik

Eks Punggawa Liverpool Terjun ke Politik

0
SHARE

vladimirPOROSNEWS.COM  – Dunia politik nampaknya menjadi hal yang menarik buat para pesepakbola yang kini tidak lagi aktif. Mantan bintang Liverpool, Vladimir Smicer adalah salah satunya.

Gelandang serang The Reds pada era 1999-2005 ini memutuskan banting stir dari sepakbola ke politik. Smicer memutuskan untuk maju dalam perebutan kursi legislatif dalam Pemilu Eropa tahun ini.

Sebagaimana dilaporkan Sportsmole, pria yang kini berusia 40 tahun tersebut termasuk salah satu dari 25 kandidat dalam partai Vize 2014 (Vision 2014) untuk memperebutkan tempat di kursi pemerintahan Eropa.

Sebagai upayanya mendapatkan dukungan, Smicer mengusung anak-anak sebagai fokus utamanya. Dia mengaku ingin memerangi obesitas pada anak yang belakangan ini marak di Republik Ceska.

“Itu bukan ambisi saya untuk terpilih sebagai MEP (anggota dewan). Di Republik Ceska, tingkat obesitas yang terjadi pada anak-anak meningkat hingga empat kali lipat dalam 15 tahun terakhir,” ujar Smicer.

“Lebih dari setengah populasi orang dewasa di Uni Eropa kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk anak, satu dari tujuh anak di Ceska mengalami obesitas. Saya melihat itu pada anak-anak di sekitar saya. Mereka tidak sehat,” sambungnya.

Lebih jauh, untuk mengurangi tingkat obesitas pada anak, Smicer punya beberapa cara yang dianggapnya akan cukup mampu mengikis jumlah penderita obesitas. Salah satunya adalah dengan menggalakkan kembali program olahraga.

“Kita juga harus menjauhkan anak-anak dari computer mereka, tablet dan smartphone. Kita harus membuat mereka menggerakkan tubuhnya. Ini hal yang harus diperhatikan Eropa,” tandas mantan pemain Timnas Ceska itu.

Terlepas dari keputusannya terjun ke politik, Smicer memiliki karier yang cemerlang di sepakbola. Enam tahun membela Liverpool, dia sukses meraih delapan trofi juara, di mana salah satu yang paling spesial adalah trofi Liga Champions 2004/2005.

Smicer jadi salah satu aktor utama dibalik comeback fenomenal Liverpool saat berhadapan dengan AC Milan pada laga final di Istanbul. Smicer mencetak satu dari tiga gol yang dicetak The Reds untuk mengejar ketertinggalan 0-3 di babak pertama, untuk kemudian juara lewat drama adu penalti. (OZ)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY