Home PEMILU Maju Capres, Jokowi Harus Mundur Dari Jabatan Gubernur,Tiru Langkah Hatta

Maju Capres, Jokowi Harus Mundur Dari Jabatan Gubernur,Tiru Langkah Hatta

0
SHARE
Foto :L Istimewa
Foto :L Istimewa
Foto :L Istimewa

POROSNEWS.COM – Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Taslim Chaniago meminta Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mundur dari jabatan publik. Taslim menilai seharusnya Jokowi mengikuti langkah Hatta Rajasa yang mengundurkan diri dari kabinet saat hendak maju dalam ajang pemilu presiden (pilpres) pada tanggal 9 Juli mendatang.

“Memang dari dahulu, apalagi kepala daerah, kepala daerah. Semua bidang di kontrol sama dia, tetapi itu terserah Pak Jokowi. Etikanya memang seperti itu (mundur),” kata Taslim Chaniago di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Lebih lanjut, anggota Komisi III DPR RI tersebut menegaskan, langkah mundur harus diambil oleh pejabat pejabat publik yang hendak maju sebagai capres. Sebab, dengan mengundurkan diri seorang penyelenggara negara dapat mereduksi konflik kepentingan antara urusan politik dengan urusan rakyat dan kenegaraan.

“Maka itu harus dipisahkan. Jangan sampai penyelenggara negara dipakai juga, harus independen lah yah, jangan pakai lah. Saya kira ini suatu yang bagus yang lain juga harus seperti itu, karena dalam politik dan negara tidak boleh setengah-setengah, karena kalau tidak fokus capres yang rugi rakyat,” tegasnya.

Taslim  juga mempertanyakan bagaimana seseorang menjalankan roda pemerintahan di Jakarta bila di saat yang sama maju sebagai capres. Sebab, menjadi capres bukanlah perkara mudah, dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi, atas dasar itulah Hatta memilih mundur dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

“Iya, Jokowi harus tiru Hatta dong. Jangan korban rakyat untuk mengejar kekuasaan,” tutupnya. (TR/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY