Home Nasional Daerah MGMP Bahasa Daerah Bojonegoro, Adakan Pelatihan Menulis Bahasa Jawa

MGMP Bahasa Daerah Bojonegoro, Adakan Pelatihan Menulis Bahasa Jawa

0
SHARE
Foto : istimewa
Foto : istimewa
Foto : istimewa

POROSNEWS.COM – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada Rabu (14/5) mengadakan pelatihan menulis bahasa Jawa. Pelatihan tersebut diikuti oleh 120 orang peserta.

Ketua MGMP Bahasa Daerah SMP/Mts Bojonegoro Sri Kuniwati, mengatakan, tujuan diselenggarakannya pelatihan menulis Bahasa Jawa tersebut merupakan usaha meningkatkan kamampuan guru Bahasa Daerah SMP dan Mts baik negeri maupun swasta, juga para siswa.Selain itu, katanya, pelatihan tersebut juga sebagai usaha mengenalkan Bahasa Jawa kepada para siswa yang tertarik untuk menekuni Bahasa Daerah.

“Sekitar 120 peserta pelatihan, selain guru juga siswa. Sepengetahuan saya belum pernah ada pelatihan menulis Bahasa Jawa yang digelar di Bojonegoro,” kata Sri di Bojonegoro, Rabu (14/5).
Ia menyebutkan sekitar 120 peserta pelatihan menulis Bahasa Jawa tersebut tidak hanya guru lokal, tetapi ada juga sejumlah guru asal Ngawi dan Magetan, bahkan asal Kabupaten Grobokan, Jawa Tengah.

Kehadiran peserta luar daerah mengikuti pelatihan, katanya, karena memperoleh undangan dari Pamarsudi Sastra Jawa Bojonegoro (PSJB), yang mendukung pelatihan.

“Kami datang mengikuti pelatihan Bahasa Jawa, sebab di Ngawi dan Magetan tidak pernah ada pelatihan menulis Bahasa Jawa,” kata seorang guru SMPN 3 Ngawi Wening, yang datang bersama tiga guru asal Ngawi dan tiga guru asal Magetan.

Pelatihan menulis Bahasa Jawa tersebut menampilkan nara sumber sastrawan Jawa Bojonegoro Djajus Pete dan Nono Warnono, dengan materi cara menulis “cerkak”, selain itu juga Redaksi Majalah Joyoboyo di Surabaya Widodo Basuki. (ANT/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY