Home Nasional KPK Tindak Lanjut Kasus Suap SKK Migas, KPK Tetapkan Sutan Bhatoegana Sebagai Tersangka

Tindak Lanjut Kasus Suap SKK Migas, KPK Tetapkan Sutan Bhatoegana Sebagai Tersangka

0
SHARE
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM – Ketua Komisi VII DPR RI Sutan Bhatoegana ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  sebagai tersangka  kasus dugaan korupsi perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2013.

Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan, penetapan legislator asal Partai Demokrat merupakan pengembangan dari kasus suap  Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang menjerat mantan Ketua SKK Migas, Rudi Rubiandhini.

“Berawal dari kasus SKK Migas yang kemudian dilakukan penyelidikan lebih lanjut, setelah penyelidikan disimpulkan ada dugaan terjadi tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan SB, apa kapasitasnya selaku anggota DPR,” kata Johan di Jakarta, Rabu (14/5).

Lebih lanjut Johan menjelaskan, Sutan diduga menerima hadiah atau janji darin pembahasan perubahan APBN tersebut.  Mengenai jumlah uang yang diterima Sutan, Johan mengaku belum tahu. Sutan disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Sebelumnya, dalam amar putusannya terhadap Rudi pada 29 April lalu, majelis hakim menyebutkan, Rudi pernah menyerahkan 200.000 dollar AS kepada Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana. Uang itu merupakan bagian dari suap yang diberikan oleh Komisaris Kernel Oil Pte Ltd Simon Gunawan Tanjaya kepada Rudi. Suap diberikan Simon melalui Deviardi.

Dalam persidangan juga muncul keterangan terkait penerimaan uang oleh Rudi, antara lain karena dia didesak membantu Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Waryono Karno memuluskan pembahasan anggaran ESDM di Komisi VII DPR. (KC/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY