Home Nasional Pengamat: Jokowi Capres Instan Tanpa Keluh Kesah

Pengamat: Jokowi Capres Instan Tanpa Keluh Kesah

0
SHARE
Foto : Istimewa

 

Foto :L Istimewa
Foto :L Istimewa

POROSNEWS.COM  – Pengamat politik Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara berpendapat pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengatakan Jokowi merupakan petugas partai mengisyaratkan dia hanya calon presiden ‘instan’. Keberadaan Jokowi tidak lebih digunakan untuk mendulang suara partai.

“Publik harus realistis bahwa Jokowi itu memang capres instan yang digunakan untuk mendulang suara bagi PDIP,” ujar Igor Dirgantara dalam keterangan tertulis kepada Antaradi Jakarta, Sabtu (17/5).

Menurut dia, Jokowi merupakan bentuk lain dari sang dalang, Megawati terhadap wayangnya, yaitu Jokowi.


“Di sini kurang menyelami semangat untuk melaksanakan agenda reformasi. Di mana pusat kekuasaan masih dipegang dan terkonsentrasi oleh elite, bukan kepada sistem,” kritik dia.

Pola pikir Megawati, lanjutnya, justru identik dengan zaman Orde Baru. Pada masa itu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal R. Hartono pernah mengatakan bahwa anggota ABRI adalah kader Golkar. “Tak hanya itu Mendagri Yogi S Memet juga menyebutkan bahwa anggota DPR adalah wakil parpol, bukan wakil rakyat,” ujar dia.

Ternyata, kata Igor, setelah reformasi masih ada ketua umum partai politik besar pemenang Pileg 2014 yang menyebutkan Jokowi sebagai capres PDIP adalah petugas partai.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan calon presiden Joko Widodo adalah petugas partai yang harus memperjuangkan serta menjalankan ideologi partai.

“Sampeyan saya jadikan capres tapi ingat sampeyan adalah petugas partai yang harus memperjuangkan dan melaksanakan tugas atau ideologi partai,” ujar Megawati di kantor DPP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (14/5).(PN/ROL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY