Home Nasional 15 Ribu Personil TNI Ikuti Latihan Gabungan

15 Ribu Personil TNI Ikuti Latihan Gabungan

0
SHARE
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM – Direktur Latihan Operasi gabungan, Letjen TNI Lodewijk F Paulus mengatakan, sekitar 15 ribuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan mengadakan latihan gabungan (latgab) di wilayah Selatan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Jenderal bintang tiga tersebut menjelaskan latihan gabungan akan diikuti oleh 13.936 personil TNI di lapangan, sedangkan 1.172 personil bakal mengikutin latihan bdi Posko. Total personil yang tergabung dalam latgab sebanyak 15.108 personil.

“Dalam latgab ini TNI akan memainkan suatu operasi gabungan, dimana Indonesia diserang oleh negara besar dari Pulau Sumatera dan Jawa. Latihan ini diasumsikan seperti itu. Kami sudah skenariokan terhadap musuh yang berhasil mendarat di komplek Asem Bagus,” kata Lodewijk di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Senin (19/5).

Dalam Latgab, menurutnya, sekaligus juga untuk mewujudkan tingkat kesiapsiagaan operasional satuan TNI yang tinggi. Oleh sebab itu diperlukan pembinaan dan penyiapan kekuatan satuan TNI berdasarkan analisa perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis.

Metode latihan yang digunakan yaitu Geladi Posko pada tanggal 19– 24 Mei 2014 di PMPP TNI Sentul Bogor dan Geladi Lapangan 1–5 Juni 2014 yang dilaksanakan secara berangkai dengan materi Kampanye Militer di daerah latihan di wilayah Asem Bagus Situbondo Jawa Timur, Kawasan Samudra Hindia Bagian Selatan dan Bali. (ANT/PN).

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY