Home DUNIA Dihantam Gelombang Unjuk Rasa, RRT Batalkan Kerjasama Bilateral dengan Vietnam

Dihantam Gelombang Unjuk Rasa, RRT Batalkan Kerjasama Bilateral dengan Vietnam

0
SHARE
Foto : istimewa
Foto : istimewa
Foto : istimewa

POROSNEWS.COM – Setelah dihantam oleh gelombang unjuk rasa yang berujung kerusuhan, akhirnya Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menunda sejumlah proyek kerjasama bilateral dengan Negara Vietnam.

“Tiongkok akan melakukan beberapa langkah penting jika diperlukan. Penundaan dilakukan jika itu memang harus dilakukan. Dan kami memutuskan penundaan penting,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hong Lei, kepada media, di Beijing, Senin (19/5).

Sebelumnya ribuan rakyat Vietnam melakukan unjuk rasa atas pembangunan pengeboran minyak lepas pantai diwilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Negara Vietnam. Pembangunan kilang minyak lapas pantai dilakukan oleh Tiongkok di Kepualaun Paracel, Laut China Selatan yang jadi sengketa antara kedua negara tersebut.

Dalam aski unjuk rasa yang berujung pada kekerasan, sebanyak 16 orang warga Tiongkok mengalami luka serius karena diserang oleh demonstran. Dan sekitar 3.000 warga Tiongkok harus mengungsi dari Vietnam. Lima kapal dan helikopter disiapkan untuk membawa warganya kembali ke Tiongkok. (ANT/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY