Home Nasional 839 Orang Meninggal dan 9 Orang Gila Masuk Dalam Daftar Pemilih Pilpres

839 Orang Meninggal dan 9 Orang Gila Masuk Dalam Daftar Pemilih Pilpres

0
SHARE
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM – Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Nursalim mengatakan pihaknya menemukan 839 orang yang sudah meninggal dalam Daftar Pemilih sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP) untuk pemilu presiden. Temuan pemilih bermasalah itu diperoleh per tanggal 24 Mei 2014.

“Selain temuan pemilih yang sudah meninggal, menurut dia dia, jajaran Panwaslu Jepara dalam mencermati DPS hasil pemutakhiran untuk Pemilu Presiden 2014 juga menemukan permasalahan lain, seperti sembilan penderita sakit jiwa tercatat sebagai calon pemilih,” kata Nursalim di Jepara, Rabu (28/5).

Selain kedua persoalan tersebut, pihaknya juga menemukan adanya daftar pemilih yang belum berusia 17 tahun namun masuk dalam DPS-HP, dan juga masuknya personil TNI dan Polri dalam daftar pemilih.

“Kami juga menemukan pemilih yang dianggap memenuhi syarat sebagai pemilih justru belum tercatat karena usianya sudah genap 17 tahun sebanyak 1.941 orang. Panwaslu Jepara juga menemukan 199 orang yang belum masuk dalam DPS hasil pemutakhiran, padahal mereka berhak untuk memilih,” tutupnya.

Jumlah DPS hasil pemutakhiran untuk pemilu presiden tercatat 842.692 pemilih. Berdasarkan jadwal, pengumuman DPS hasil pemutakhiran dilakukan hingga 19 Mei 2014, kemudian pada 20–26 Mei 2014 merupakan kesempatan masyarakat untuk memberikan masukan. Jadwal perbaikan DPS hasil pemutakhiran dilakukan mulai 27 Mei hingga 2 Juni 2014, sedangkan penetapan DPT Pilpres dilakukan pada 7–9 Juni 2014.  (ANT/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY