Home Nasional KPU Masih Lakukan Perbaikan Daftar Pemilih

KPU Masih Lakukan Perbaikan Daftar Pemilih

0

dpt2POROSNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai hari ini, Sabtu 31 Mei 2014, masih melakukan perbaikan daftar pemilih Pemilihan Presiden 2014.

Menurut Komisioner KPU, Ferry Kurnia, pada 3 Juni 2014 nanti, masing-masing KPU kabupaten/kota akan menyerahkan daftar pemilih (DPT) tetap ke KPU Pusat.

Untuk sementara ini, daftar pemilih sementara yang sudah masuk ke KPU adalah 186.707.243. “Itu sudah terintegrasi dengan yang berumur 17 tahun pada hari H (hari pencoblosan),” kata Ferry di Gedung KPU, Jakarta.

Namun, ada beberapa daerah yang belum masuk, di antaranya Papua, Papua Barat, dan Maluku. “Secara keseluruhan, sebenarnya sudah mencerminkan DPT, sudah 95 persen,” kata dia.

Sementara itu, daftar pemilih khusus sampai saat ini mencapai 900 ribu orang dan yang berumur 17 tahun pada hari pencoblosan adalah 3,1 juta.

Daftar pemilih khusus adalah daftar yang memuat pemilih yang tidak memiliki identitas kependudukan atau yang punya identitas kependudukan, tetapi tidak terdaftar dalam daftar pemilih sementara (DPS), daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), DPT, daftar pemilih tambahan (DPTb).

“Perbaikan terhadap DPS hasil perbaikan dan pemutakhiran 27 Mei-2 Juni. Jadi, sekarang masih masa perbaikan. Setelah itu, 7-9 Juni, KPU kabupaten/kota akan menetapkan DPT hasil perbaikan pemutakhiran tadi,” kata dia.

Sementara itu, di tingkat nasional harus sudah ditetapkan DPT pada 12 Juni 2014. (PN/VN)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.