Home Nasional Daerah Bagir Manan : Per 1 Juli Perusahaan Pers Harus Berbadan Hukum PT

Bagir Manan : Per 1 Juli Perusahaan Pers Harus Berbadan Hukum PT

0
SHARE
(Foto:Ist) Bagir Manan
(Foto:Ist) Bagir Manan
(Foto:Ist) Bagir Manan

POROSNEWS.COM, SURABAYA – Setiap lembaga pers pertanggal 1 Juli 2014 diwajibkan berbadan hukum berupa Perseroan Terbatas (PT). Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Dewan Pers Nomor 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang Pers pertanggal 16 januari 2014.

Demikian disampaikan oleh Ketua Dewan Pers, Bagir Manan saat memberikan sambutan dan pembekalan pada Rakor Kehumasan kabupaten atau Kota se-Jawa Timur yang diadakan oleh Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur pada selasa malam (24/6).

Lebih lanjut Bagir menjelaskan, ketentuan yang ditetapkan oleh Dewan Pers bukan untuk merugikan perusahaan pers, namun dipandang malah menguntungkan perusahaan pers. Sebab dengan memiliki badan Hukum PT, bagi perusahaan pers jika dikemudian hari bersengketa atau dianggap merugikan nama baik narasumber, maka perusahaan pers yang bersangkutan cukup memberikan hak jawab atas berita yang sebelumnya telah dimuat.

Sebaliknya, jika perusahaan pers tidak berbadan hukum PT, melainkan CV maka jika terjadi sengketa Dewan Pers tidak akan menangani perkara tersebut. Sebab, jika CV atau Firma adalah menjadi tanggung jawab Pribadi. Dan jika dalam sengketa, perusahaan pers mengalami kekalahan atau terjadi penyitaan harta, pihak yang menjadi korban bukan hanya perusahaan tersebut, melainkan juga wartawan terkait.

“Jika bukan dalam bentuk PT, maka Dewan Pers tidak akan turut andil menyelesaikan masalah jika terjadi konflik. Sebab, sengketa tersebut masuk ranah pidana dan menjadi kewenangan aparat kepolisian untuk menyelesaikan hal tersebut,” tutup Bagir. (ANT/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY