Home Nasional Bawaslu : Wiranto Tidak Terbukti Lakukan Kampanye Hitam

Bawaslu : Wiranto Tidak Terbukti Lakukan Kampanye Hitam

0
(Foto : Ist), Jenderal (Purn) TNI Wiranto
(Foto : Ist), Jenderal (Purn) TNI Wiranto

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Setelah melakuan pemerikasaan dan klarifikasi, akhirnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan bahwa Mantan Panglima ABRI di era Orde Baru, Jenderal (Purn) TNI Wiranto dinyatakan tidak bersalah telah melakukan kampanye hitam kepada capres Prabowo Subianto, sebagaimana dituduhkan oleh tim hukum dan advokasi pasangan Prabowo-Hatta.

Pimpinan Bawaslu Divisi Hukum dan Penindakan Pengawasan Nelson Simanjuntak mengatakan, bahwa Ketua Umum DPP Partai Hanura itu tidak bersalah. Atasa dasar itulah, Bawaslu memutuskan Wiranto tidak dikenai sanksi.

“Apa yang dilakukan Wiranto sama sekali bukan kampanye. Sebab semua unsur kampanye tidak terpenuhi. Sehingga yang bersangkutan tidak bisa dijatuhi sanksi,” kata Neslon di kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (25/6).

Lebih lanjut Nelson menjelaskan konferensi pers yang dilakukan Wiranto dipicu dari menguatnya desakan publik kepada dirinya terkait pemecatan capres Prabowo oleh

Dewan Kehormatan Militer (DKP) pada tahun 1998 lalu. Sebagai atasan Prabowo, tentu Wiranto adalah orang yang dianggap paling tahu apa yang menyebabkan capres Prabowo dipecat dari jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) kala itu.

“Didalam pernyataan Wiranto tidak ditemukan adanya unsur kampanye hitam. Karena itum, kami putuskan untuk tidak melanjuti kasus tersebut,” jelas Nelson yang dulu pernah aktiv dalam LSM Perludem tersebut.

Diberitakan sebelumnya Mantan Pangan Wiranto beberapa waktu lalu menggelar jumpa pers terkait pencopotan Prabowo sebagai perwira tinggi (Pati) ABRI pada tahun 1998. Wiranto menjelaskan Prabowo dicopot sebagai Pati lantaran mendalangi penculikan aktivis pro demokrasi. Penculikan yang dilakukan Prabowo, lanjut Wiranto atas inisiatif sendiri, dan sama sekali tidak ada perintah dari atasan untuk melakukan hal tersebuyt. (TAR/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.