Home Nasional Daerah Cegah Bentrok Antar Pendukung Capres, Polri-KPU Koordinasi Atur Jadwal Kampanye

Cegah Bentrok Antar Pendukung Capres, Polri-KPU Koordinasi Atur Jadwal Kampanye

0
Foto : Ist, Kapolri, Jenderal Sutarman
Foto : Ist, Kapolri, Jenderal Sutarman
Foto : Ist, Kapolri, Jenderal Sutarman

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Sutarman mengaku prihatin dengan insiden bentrokan antar pendukung capres-cawapres di Yogyakarta yang terjadi kemarin. Guna mencegah insiden kekerasan tersebut Kapolri meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mengatur jadwal kampanye pemilu presiden (pilpres), khususnya kampanye massal yang melibatkan pengerahan massa.

“Saya selalu katakan bahwa kalau dua belah pihak pendukung bertemu pasti akan ada gesekan. Kita sudah berkoordinasi dengan KPU supaya jadwal kampanye yang melibatkan massa turun ke jalan mudah-mudahan tidak bersamaan di satu kota,” kata Sutarman di STIK, Jakarta, Rabu (25/6).

Lebih lanjut mantan Kabareskrim itu menambahkan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan segenap jajaran KPU diberbagai wilayah di Indonesia. Polri, lanjut Sutarman akan berusaha sekuat tenaga menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye pemilu presiden (pilpres) berlangsung.

“Polri akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin, karena titiknya cukup banyak. Di Jogja kemarin itu ada empat titik kampanye. Begitu ketemu saling ejek, selalu gesekannya ada di situ,” tutup Sutarman.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus bentrokan antar pendukung capres terjadi  simpang Ngabean, Ngampilan, Yogyakarta pada Selasa (24/6). Massa pendukung capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa saat itu pulang dari kampanye di Kabupaten Bantul, sementara simpatisan Joko Widodo-Jusuf Kalla usai berkampanye dari Kota Yogyakarta.

Kedua massa berpapasan di simpang Ngabean, Ngampilan hingga kemudian terjadi aksi saling lempar. Beruntung tak ada korban luka dan jiwa dalam insiden selama 10 menit itu. (KR/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.