Home Nasional Hukum Gugatan ditolak MK, Poppy Dharsono Gagal Jadi Senator

Gugatan ditolak MK, Poppy Dharsono Gagal Jadi Senator

0
SHARE

DPD_Popy_Darsono_1

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Pupus sudah harapan Poppy Dharsono untuk dapat terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Betapa tidak, Mahkamah Konstitusi telah menolak gugatan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Umum Legislatif (pileg) 2014. Walhasil Poppy gagal menjadi senator mewakili provinsi Jawa Tengah.

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua Majelis Hakim, Hamdan Zoelva, saat membacakan sidang putusan sidang di gedung MK, Jakarta, Rabu (25/6).

Lebih lanjut Majelis Hakim dalam pertimbangannya menjelaskan permohonan yang diajukan Poppy ditolak MK, lantaran dirinya tidak dapat menghadirkan bukti-bukti dan fakta kuat bahwa telah terjadi kecurangan di dapil Jawa Tengah dalam pemilu legislatif (pileg) pada tanggal 9 April 2014 lalu.

Selain itu, menurut Majelis Hakim MK, Muhammad Alim yang juga membacakan putusan PHPU tersebut menambahkan jika Poppy sama sekali tidak pernah mengajukan gugatan keberatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng, saat proses penghitungan suara dilakukan beberapa waktu lalu.

“Terhadap dalil permohonan Mahkamah menanggap dalil pemohon berupa dugaan semata. Fakta persidangan pemohon tidak mengajukan saksi di kabupaten yang dipermasalahkan. Bawaslu tidak pernah menerima keberatan pemohon. Dalil pemohon menurut Mahkamah tidak berdasar menuurt hukum,” tutup Alim.

Sekedar kilas balik  Poppy mendapatkan perolehan suara 500 ribu lebih. Jumlah tersebut jauh berkurang dibandingkan dengan Pemilu 2009 yang berhasil meraup 1,2 juta suara. Poppy  berdalih suaranya hilang karena terjadi banyak kecurangan yang melibatkan aparat desa setempat. Namun berdasarkan sidang PHPU di MK, ucapan dan argumentasi hukum yang disampaikan Poppy melalui pengacaranya sama sekali tidak terbukti. (TAR/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY