Home Nasional KPK Harta Capres Digarap KPK

Harta Capres Digarap KPK

0
SHARE

hartacapresPOROSNEWS.COM – Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa akan menjalani klarifikasi harta kekayaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini.

Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengungkap KPK juga akan mengklarifikasi laporan masyarakat terkait harta Prabowo- Hatta.

“Informasi yang diterima KPK dari masyarakat akan diklarifikasi hari ini,” kata Johan, Rabu (25/6).

Johan menerangkan, laporan masyarakat itu diterima oleh KPK sejak awal Juni hingga hari ini. Johan tidak mengetahui detail jumlah laporan masyarakat yang berkenaan dengan harta capres dan cawapres.

“Saya belum cek jumlahnya,” ujar Johan.

Adapun kegiatan klarifikasi harta terhadap pasangan capres dan cawapres Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dilakukan pada Kamis (26/6).

Berdasarkan pasal 5 huruf f dan Pasal 14 ayat (1) huruf d, Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, calon presiden dan wakil presiden wajib melaporkan hartanya ke KPK.

Segera setelah Prabowo- Hatta dan Jokowi- JK mendaftar menjadi capres dan cawapres, kedua pasangan ini melaporkan harta kekayaan yang dimiliki ke KPK.

Atas laporan itu, KPK akan melakukan verifikasi dan pengecekan di lapangan. Setelah proses verifikasi, KPK bersama KPU akan mengumumkan jumlah harta milik masing-masing pasangan capres cawapres.

Dalam melakukan verifikasi harta, KPK menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Tak hanya capres dan cawapres, PPATK juga memverifikasi harta yang dimiliki oleh keluarga kedua pasangan capres cawapres.

Hasil verifikasi itu sudah diserahkan kepada KPK pada pekan lalu. (SAR/bst)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY