Home RAGAM Agenda Hore..! Daftar PNS Tak Perlu Pakai SKCK dan Kartu Kuning

Hore..! Daftar PNS Tak Perlu Pakai SKCK dan Kartu Kuning

0
Foto : Antara, MenPAN-RB, Azwar Abubakar
Foto : Antara, MenPAN-RB, Azwar Abubakar
Foto : Antara, MenPAN-RB, Azwar Abubakar

POROSNEWS.COM, SURABAYA – Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) secara resmi mengatakan, pada tahun 2014, pemerintah Republik Indonesia memberikan kesempatan kepada putra-putri bangsa untuk berkecimpung menjadi abdi negara. Pada tahun 2014 ini, pemerintah menyediakan alokasi 100.000 kursi untuk jatah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kepala Biro Hukum, KemenPAN-RB, Herman Suryatman mengatakan pada penerimaan CPNS tahun 2014 ini pemerintah memangkas sejumlah persyaratan yamg lazim digunakan untuk melengkapi berkas persyaratan CPNS.  Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang berkeinginan untuk mendaftarkan diri menjadi CPNS.

“Ketiga persyaratan dimaksud adalah surst keterangan catatan kepolisian (SKCK), kartu kuning dari Dinas Ketenagakerjaan, serta surat keterangan berbadan sehat dri dokter. Ketiga surat keterangan itu baru diperlukan saat pelamar sudah diterima sebagai CPNS,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pemangkasan persyaratan ini juga dimaksudkan agar calon peserta seleksi CPNS lebih fokus untuk menyiapkan diri mengikuti testing, tanpa harus disibukkan dengan mengurus atau membuat berbagai persyaratan administratif. Seperti tahun lalu, materi tes terdiri dari tiga kelompok, yakni wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi, dan intelegensia umum. Dipangkasnya persyaratan administratif itu tidak akan mengurangi kualitas seleksi CPNS, karena seseorang hanya bisa melamar pada jabatan yang telah ditentukan kompetensinya.

“Untuk lowongan sebagai auditor, misalnya kompetensi yang dibutuhkan tentunya sarjana akuntansi. Setiap instansi sudah menetapkan kompetensi yang dibutuhkan pada lowongan yang dibuka,” tutupnya.

Sekedar informasi, penerimaan CPNS tahun ini menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT). Dengan penggunaan sistem teknologi seperti itu, test CPNS dapat dilakukan secara online. Sistem CAT juga diklaim sebagai sistem rekruitmen CPNS yang kredibel dan transparan. “Usai ujian mereka sudah tahu nilainya, apakah memenuhi passing grade atau tidak,” tutupnya. (Sumber : Humas KemenPAN-RB). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.