Home OLAHRAGA Yunani Lolos ke Babak 16 Besar

Yunani Lolos ke Babak 16 Besar

0
SHARE

yunaniPOROSNEWS.COM  – Drama di Piala Dunia 2014 ini terus berlanjut. Kali ini, Pantai Gading yang hampir memastikan lolos ke 16 besar, terdiam pasca Giorgios Samaras mencetak gol melalui titik putih tepat di penghujung laga yang mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Yunani.

Ethniki pun lolos setelah menyelesaikan babak penyisihan grup C dan menjadi runner up dengan empat poin. Sementara di laga lainnya, Kolombia menghancurkan Jepang dengan skor telak 4-1. Di 16 besar, Yunani akan bertemu dengan Kosta Rika yang menjadi juara grup D.

Tim negeri para dewa ini juga mencatatkan sejarah untuk kali pertamanya lolos ke babak 16 besar, setelah di Piala Dunia 1994 dan 2010 hanya mencapai babak penyisihan grup.

Jalannya Pertandingan

Baik Yunani maupun Pantai Gading membutuhkan kemenangan, sekaligus berharap Jepang kalah dari Kolombia di waktu bersamaan agar dapat lolos ke 16 besar menemani Kolombia. Pelatih Yunani, Fernando Santos memainkan pemain terbaiknya dan menurunkan Georgios Samaras di depan bersama Dimitris Salpingidis dan Panagiotis Kone.

Pun sama dengan Pantai Gading yang memainkan Didier Drogba sejak awal pertandingan bersama Salomon Kalou dan Gervinho di depan. Serta dua Toure bersaudara, Yaya dan Kolo Toure.

10 menit pertama kedua tim bermain dengan tempo tinggi dan menunjukkan determinasinya untuk lolos ke 16 besar dengan jual beli serangan yang diperlihatkan. Namun belum ada satupun gol yang tercipta.

Piratiko, julukan Yunani terpaksa melakukan dua pergantian cepat di menit 11 dan 23, saat Kone mengalami Hamstring dan digantikan oleh Andreas Samaris. Setelahnya, penjaga gawang Yunani, Orestis Karnezis digantikan oleh Panagiotis Glykos akibat hal yang sama, cedera.

Jose Holebas! Tiba-tiba melalui serangan balik, ia melakukan overlap dan mengancam gawang Pantai Gading yang dikawal Boubacar Barry di menit 32. Menerima umpan Georgios Samaras, tendangan pemain Olympiakos ini hanya menerpa mistar gawang.

Setelahnya, Les Elephants ganti menyerang dan bertubi-tubi menyerang Yunani. Namun kokohnya pertahanan juara Piala Eropa 2004 itu membuat Drogba dkk kesulitan mencetak gol.

Keasikan menyerang, justru Pantai Gading yang melakukan kesalahan saat Cheikh Tiote gagal mengontrol bola dengan baik dan langsung diserobot pemain pengganti, Samaris. Ia kemudian melakukan permainan satu-dua dengan Samaras dan mencetak gol di menit 42. 1-0 Yunani unggul di babak pertama

Pantai Gading semakin melancarkan serangannya di babak kedua ini. Namun Yunani juga tak tinggal diam, karena serangan mereka juga terhitung efektif melalui serangan balik menghadapi pertahanan Les Elephantsyang tak terlalu rapat pada pertandingan ini.

Dimitris Salpingidis! Dengan kencang ia melakukan tendangan di menit 58. Sayang sepakannya masih dapat ditepis dengan baik oleh Barry. Skor masih sama, 1-0.

‘Para Dewa’ Yunani benar-benar menyerang pertahanan Pantai Gading yang asik menyerang untuk menyamakan kedudukan melalui serangan balik. Hampir saja kapten tim, Giorgios Karagounis mencetak gol cantik di menit 68 melalui sepakan kerasnya, beruntung bola hanya membentur kencang mistar gawang atas Pantai Gading.

Wilfried Bony! Masuk sebagai pemain pengganti, ia mampu membuat ‘kaki’ Pantai Gading tetap di Piala Dunia setelah mencetak gol di menit 73. Laiknya penyerang oportunis, penyerang Swansea City ini memanfaatkan sodoran Gervinho dengan hanya satu sepakan. 1-1 Pantai Gading menyamakan kedudukan.

27 menit waktu tersisa, Yunani terus menggempur pertahanan Pantai Gading, karena memang mereka membutuhkan kemenangan jika ingin lolos ke 16 besar. Pertandingan pun berjalan seru, karena kini alur serangan berganti.

Pantai Gading menerapkan serangan balik cepat, sementara Yunani ganti menyerang. Drama pun terjadi di tambahan waktu babak kedua, Yunani mendapatkan penalti di menit 90+1’. Wasit melihat Giovanni Sio menjatuhkan Samaras yang juga menjadi eksekutor penalti. Tanpa ampun, Samaras mengeksekusinya dengan baik dan merubah kedudukan menjadi 2-1 hingga laga berakhir.

Susunan Pemain:

Yunani: Orestis Karnezis (Panagiotis Glykos 23’), Jose Holebas, Sokratis Papasthopoulos, Kostas Manolas, Vassilis Torosidis, Giorgios Karagounis (Theofanis Gekas 78’), Lazaros Christodoulopoulos, Giannis Maniatis, Panagiotis Kone (Andreas Samaris 11’), Georgios Samaras, Dimitris Salpingidis

Pantai Gading: Boubacar Barry, Kolo Toure, Souleymane Bamba, Serge Aurier, Arthur Boka, Cheikh Tiote (Wilfried Bony 61’), Geoffrey Serey Die, Yaya Toure, Salomon Kalou, Gervinho (Giovanni Sio 83’), Didier Drogba (Ismael Diomande 78’). (Pras/okz)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY