Home Nasional Hukum PPI Minta Wartawan Cerdas Analisa Sidang Anas

PPI Minta Wartawan Cerdas Analisa Sidang Anas

0
SHARE

anas5POROSNEWS.COM – Pengurus Pusat Perhimpunan Pergerakan Indonesia menjelaskan terkait persidangan perdana Anas Urbaningrum yang digelar majelis Tipikor, Kamis, (26/6). PPI menilai bahwa ada beberapa poin  yang mestinya menjadi perhatian  media terkait fakta persidangan di antaranya sebagai berikut:

1.Bahwa pihak JPU dan saksi dari pihak adhi karya (M Arief),menjelaskan adanya kwitansi pemberian uang yang diarahkan yang disangkakan kepada Anas Urbaningrum pada bulan juni 2010 untuk pemenangan kongres partai demokrat yang diterima dan dituduhkan. Kepada Munadi Herlambang, padahal fakta persidangan hari ini terbantahkan dengan kenyataan kongres Demokrat berlangsung 19-21 mei 2010, sebulan sebelum kwitansi dan pencairan Adhikarya dikeluarkan.

2.Dalam fakta persidangan ini juga jelas terlihat fakta dan pengakuan 4 saksi dari Adhikarya termasuk M Arief yang mengaku tidak pernah tahu dan tidak pernah menyerahkan dana 100 M atau 2,1 Milyar atau uang untuk pembelian Toyota Harrier serta Toyota Velfire. Hal ini terungkap dari pertanyaan penasihat hukum Anas, Andhika Honggowongso kepada 4 saksi.

3. Keempat saksi dari Adhikarya  juga mengaku didepan majelis hakim tadi siang, bahwa kwitansi asli dari sangkaan pemberian terhadap AU itu adalah kwitansi fotocopy, dan bukan kwitansi asli yang mereka akui tidak mengingatnya ditaruh dimana.padahal jelas kwitansi fotocopy itu tidak bisa digunakan sebagai bukti dalam perkara pidana.

4. M Arief, mantan manajer marketing PT Adhikarya berulangkali membuat interpretasi dan klaim dengan menyatakan pernah ketemu dengan AU dan ikut membicarakan project Hambalang dan proyek lainnya tanpa mampu menjelaskan dengan logis hubungan pertemuan yang diklaimnya dilakukan dengan Anas, Machfud serta Munadi terkait dengan janji bantuan memenangkan project hambalang atau lainnya maupun penerimaan uang atau lainnya bagi Anas terkait proyek-proyek itu.

“Dengan penuh harapan dan kerendahan hati, kami perlu mengingatkan kawan-kawan media dan wartawan untuk bersikap berimbang, jernih serta mencermati sidang Anas Urbaningrum dengan serius dan tidak gampang terjebak dengan segala pernyataan saksi atau jaksa penuntut Umum dengan melihat alur kelogisan tuduhan terhadap Anas Urbamingrum dalam tuduhan kasus Hambalang atau kasus lainnya,”tulis PPI dalam rilis yang kami terima. (PRAS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY