Home Nasional Daerah BNN : 4,2 Juta Penduduk Indonesia Pemakai Narkoba

BNN : 4,2 Juta Penduduk Indonesia Pemakai Narkoba

0
SHARE
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM, PEKANBARU — Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Riau, Kombes Pol Bambang Setiawan mengatakan, pengguna narkoba di Indonesia cukup banyak. Dari total 238 juta penduduk Indonesia, sebanyak 4,2 juta jiwa atau sekitar 2,2 persen dari jumlah penduduk Indonesia merupakan pengguna narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Mereka terdiri dari pengguna coba-coba, pecandu berat, dan ada juga pengguna sekaligus jadi kurir dan bandar narkoba,” kata Bambang di Pekanbaru, Kamis malam, 26 Juni 2014 dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI).

Lebih lanjut, perwira menengah dijajaran Kepolisian itu menegaskan bahwa pihaknya akan berfokus untuk melakukan pencegahan dan juga rehabilitasi bagi pengguna narkoba. Penceganan dini perlu dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya pengguna narkoba ditanah air.

“Angka sebesar 4,2 juta orang atau 2,2 persen dari jumlah penduduk nasional bisa akan terus bertambah jika tidak segera diantisipasi secara dini dan bersama-sama,” katanya.

Menurut Bambang, berdasarkan hal tersebut, terdapat beberapa permasalahan yang perlu menjadi perhatian, terutama terkait pemulihan terhadap pengguna Narkoba sampai saat ini pelayanan rehabilitasi medis maupun sosial di Indonesia sangat terbatas.

“Yang dikhawatirkan, para pecandu ini akan menjadi bandar atau pengedar karena tidak lagi ada uang untuk membeli Narkoba,” tutup Bambang. (ANT/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY