Home RAGAM Agenda Hore..! Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Jalur Darat dan Laut

Hore..! Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Jalur Darat dan Laut

0
SHARE
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program mudik gratis ke beberapa wilayah di tanah air, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Untuk mudik gratis dengan manggunakan angkutan darat, khususnya bus antar kota antar provinsi (AKAP), setiap pemudik yang mau pulang kampung gratis terlebih dahulu harus mendaftarkan diri di Kantor Kementrian Perhubungan Pusat, atau Kantor Dishub Kota Bekasi, Kantor Dishub kota Tangerang Selatan, Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

Dikutip dari situs resmi Kemenhub, www.mudikgratishubdat.com, waktu pendaftaran dimulai dari Selasa (1 Juli) sampai dengan Rabu 16 Juli. Dengan koya tujuan, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Purwokerto, Solo, Wonogiri, Tasikmalaya, Cilacap, dan Yogyakarta.

Sedangkan mudik dengan menggunakan angkutan laut, Kemenhub juga menyediakan beberapa kapal laut gratis dibeberapa Pelabuhan laut, diantaranya Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Mas (Semarang).

Dikutip dari situs resmi Kemenhub, mudikgratislebaran2014@dephub.go.id jadwal keberangkatan arus mudik sebagai berikut : Berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok menuju pelabuhan Tanjung Mas pada tanggal 24 dan 26 Juli 2014. Kemudian, berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang, Lampung pada tanggal 26 Juli 2014.

Sedangkan untuk arus balik, jadwal yang sudah ditetapkan sebagaib berikut : Berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada tanggal 2 dan 4 Agustus. Berangkat dari pelabuhan Panjang, Lampung menuju Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 2 Agustus 2014.

Adapun pendaftaran bisa dilakukan secara manual dan online. Untuk pendaftaran secara manual, calon pemudik bisa langsung mendaftarkan diri ke Kantor Kementrian Perhubungan, Lobi Gedung Cipta Lantai Dasar, pada Selasa 1 Juli 2014 sampai dengan Rabu 16 Juli 2014. Untuk pendaftaran via online pemudik dapat mendaftarkan diri melalui situs mudikgratislebaran2014@dephub.go.id pada tanggal 16 Juni sampai dengan 22 Juli 2014.

Kemudian untuk pemudik dengan menggunakan Kapalk Roro, syarat dan ketentuan pendaftaran sama saja. Para pemudik diwajibkan mendaftarkan diri di kantor Kemenhub padda tanggan 1 sampai dengan 16 Juli 2014.

Adapun jadwal keberangkatan arus mudik sebagai berikut : KMP, Kalibodri berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju pelabuhan Cirebon pada tanggal 23 sampai dengan 25 Juli 2014. KMP menumbing Raya berangkat berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju pelabuhan Tegal pada tanggal 24 dan 26 Juli 2014.

Sebaliknya, jadwal keberangkatan arus balik, KMP Menumbing Raya berangkat dari Pelabuhan Tegal menuju Pelabuhan Tanjung Priok, pada tanggal 2 Agustus 2014.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY