Home Nasional Kemenag Tetapkan Awal Ramadhan Pada Ahad, 29 Juni

Kemenag Tetapkan Awal Ramadhan Pada Ahad, 29 Juni

0
SHARE
Foto : Ist, Menteri Agama, Lukman Hakim S
Foto : Ist, Menteri Agama, Lukman Hakim S
Foto : Ist, Menteri Agama, Lukman Hakim S

POROSNEWS.COM, JAKARTA –  Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Agama Secara resmi menetapkan 1 Ramadhan 1435 jatuh pada Ahad, 29 Juni. Demikian kesimpulan sidang isbat penentuan awal Ramadhan yang dibacakan oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin di kantor Kemenag, Jakarta, Jum’at malam, 27 Juni 2014.

Lebih lanjut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menambahkan, penetapan awal Ramadhan pada Had 29 Juni sudah melalui hasil musyawarah-mufakat semua  organisasi Islam.

Selain itu, kemenag, lanjut Lukman juga telah mendengar paparan anggota tim rukyah hilal Kemenag  yang mengamati kondisi hilal sore tadi. Hasil pengamatan ketinggian hilal tidak sampai 1 derajat. Dalam sidang Isbat tersebut Kemenag mengaku sudah menerima lapioran 63 titik hilal diseluruh tanah air.

“Berdasarkan laporan ke 63 titik disampaikan bahwa tidak ada satupun saksi yang ditunjuk untuk mengamati hilal berhasil melihat hilal. Maka sidang isbat bersepakat melakukan isti’mal melengkapi bulan dengan 30 hari,” paparnya.

Namun demikian, organisasi massa Islam terbesar ditanah air, Muhammadiyah telah menetapkawan awal Ramadhan jatuh pada Sabtu, 28 Juni 2014. Terkait dengan adanya perbedaan tersebut Kemenag meminta kepada umat Islam agar tidak terlalu membesar-besarkan, dan saling menghargai satu sama lain.

“Pemerintah memberikan keleluasaan bagi warga negaranya yang beragama islam yhang ingin menjalankan puasa mengawalinya tidak sama dengan yang ditetapkan pemerintah. Pemerintah memberikan kebebasan,” tutup Lukman. (RAM/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY