Home Nasional Daerah Amankan Mudik dan Lebaran, Mabes Polri Terjunkan 137.795 Personel

Amankan Mudik dan Lebaran, Mabes Polri Terjunkan 137.795 Personel

0
Foto : ist, Pasukan Brimob Sedang Apel
Foto : ist, Pasukan Brimob Sedang Apel
Foto : ist, Pasukan Brimob Sedang Apel

POROSNESW.COM, JAKARTA – Dalam rangka mengamankan mudik dan Hari Raya Iedul Fitri, Mabes Polri bakal mengerahkan ratusan ribu personelnya  untuk mengamankan hari raya Umat Islam tersebut. Dalam operasi yang disebut dengan Operasi Ketupat, Mabes Polri akan menerjunkan 137.795 orang personel gabungan. Operasi tersebut akan berlangsung selama 16 hari.

“Ada 86.243 personel Polri ditambah 51.522 personel lain dari instansi lain yakni Kemenhub, Jasa Marga, Jasa Raharja, TNI, dan komponen masyarakat lainnya. Jadi total ada 137.795 orang,” kata Kabag Penum Polri Kombes Agus Rianto di Mabes Polri Jumat (27/6).

Lebih lanjut, Kombes Pol Agus menjelaskan, sebagian besar personel yang diturunkan ditugaskan untuk mengamankan jalur mudik di Pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Mereka berasal dari 10 Kepolisian Daerah (Mapolda). Selain itu Mabes Polri juga akan bekerja sama dengan Kakorlantas untuk menjaga dan mengamankan lancarnya jalur mudik lebaran.

“Kami bangun 3.803 pos dengan 483 titik CCTV yang digelar oleh Korlantas Polri sehingga kita tahu titik-titik mana yang perlu penambahan personel untuk menghadapi musim mudik. Kita juga punya 21 helicam (camera mobile) yang akan didukung Polisi Udara,” tegas Agus.

Selain itu ia juga menneruskan himbauan Kapolri untuk pemilik motor sedapat mungkin juga diharapkan tidak menggunakan motor untuk mudik dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Alasannya kecelakaan motor cukup tinggi.

“Mudah-mudahan bisa tertib dan lancar dalam pelaksanaan operasi Ketupat ini. Kami juga himbau untuk tidak menyalakan petasan,” tutupnya. (BAS/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.