Home Nasional Daerah Pasokan Sembako Stabil, Gubernur Kaltim Minta Pedagang Tak Naikkan Harga

Pasokan Sembako Stabil, Gubernur Kaltim Minta Pedagang Tak Naikkan Harga

0
Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak
Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak
Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak

POROSNEWS.COM, SAMARINDA – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak mengaku sudah beberapa kali meninjau pasar tradisional di Kalimantan Barat. Menurutnya semua kebutuhan pokok untuk bulan Ramadhan tercukupi, dan tidak ada gejolak harga. Atas dasar itu, ia meminta kepada pedagang agar tidak menaikkan harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan hingga Hari Raya Iedul Fitri 1435.

“Saya meminta pedagang tidak menaikkan harga barang kebutuhan pokok,” ujarnya disela-sela inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Pagi, Kota Samarinda, Minggu, 29 Juni 2014.

Menurut dia, kenaikan harga kebutuhan pokok dapat terjadi memasuki pelaksanaan hari besar keagamaan, terutama selama Ramadhan, biasanya karena pasokan yang kurang.

Namun, ia mengemukakan, di kawasan perkotaan layaknya Kota Samarinda pasokan masih cukup, sehingga tidak ada alasan bagi pedagang untuk menaikkan harga kebutuhan pokok, terutama daging sapi maupun ayam dan ikan, serta telur.

Kendati demikian,ia menilai, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, diantaranya cabai yang didatangkan dari Sulawesi, sekalipun produk lokal harganya masih murah. Khusus sembilan bahan pokok (sembako), ia menyatakan, dijamin tidak ada kenaikan harga.

Menurut Awang, masalah transportasi masih menjadi kendala, terutama untuk pasokan barang-barang yang berasal dari Pulau Jawa, sehingga tidak dapat diprediksi kondisinya lantaran berkaitan dengan cuaca. Apalagi, ia menyatakan, beberapa jenis kebutuhan pokok di Kaltim masih tergantung dari daerah lain.

“Kondisi itulah yang terkadang menyebabkan kenaikan harga, walaupun seharusnya tidak terlalu tinggi. Kami berharap agar cuaca tidak sampai mengganggu transportasi angkutan bahan pokok maupun distribusi kebutuhan pokok,” tutup Awang. (ANT/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.