Home Nasional Hukum Akil Mochtar Divonis Seumur Hidup Oleh Pengadilan Tipikor

Akil Mochtar Divonis Seumur Hidup Oleh Pengadilan Tipikor

0
SHARE
Terdakwa Akil Mochtar, Foto : Ist
Terdakwa Akil Mochtar, Foto : Ist
Terdakwa Akil Mochtar, Foto : Ist

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menjatuhkan vonis seumur hidup kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar, terkait penerimaan hadiah pengurusan Perselisihan hasil pemilihan Umumn (PHPU) Kepala Daerah di MK.

“Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Akil Mochtar dengan pidana seumur hidup,” kata Ketua Majelis Hakim Pengaddilan Tipikor, Suwidya, Senin, 30 Juni 2014.

Dalam pembacaan Keputusan tersebut Suwidya menjelaskan bahwa mantan Anggota Komisi II DPR RI asal Partai Golkar itu layak diganjar dengan hukuman berat lantaran yang bersangkutan adalah Ketua MK dimana sebagai benteng terakhir dari pencari keadilan. Dalam kapasitasnya sebagai Ketua MK, maka Akil harus memberikan contoh dan mempunyai integritas dan kejujuran tinggi. Sayangnya hal tersebut tidak dilakukan olehnya.

“Kedua, perbuatan terdakwa menyebabkan runtuhnya wibawa MK Republik Indonesia. Dan ketiga diperlukan waktu lama untuk mengembalikan wibawa dan kepercayaan kepada lembaga MK,” tegas Suwidya.

Masih kata hakim Suwidya, dalam pertimbangannya majelis hakim menilai tidak ada unsur yang bisa meringankan terdakwa. Menurutnya Akil memang harus dihukum berat. Majelis Hakim Tipikor juga mengaku sepakat dengan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) beberapa waktu lalu, sebab perbuatan terdakwa sudah sangat berat khususnya terkait penyelesaian perkara pilkada di MK.

Akil sendiri dituntut berdasarkan 6 dakwaan yaitu pasal 12 huruf c UU No. 31 tahun 1999 sebagaimana diubah menjadi UU No. 20 tahun 2001 Tentang Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 55 ayat 1 ke 1, KUHP jo  pasal 65 ayat 1 KUHP tentang hakim yang menerima hadiah terkait penerimaan hadiah dalam sengketa PHPU pilkada Gunung Mas, Lebak, Palembang dan Empat Lawang. (ANT/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY