Home Nasional Hukum Andi Mallarangeng Dituntut 10 Tahun Bui

Andi Mallarangeng Dituntut 10 Tahun Bui

0
SHARE

andi mPOROSNEWS.COM – Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng dengan pidana penjara selama 10 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider enam bulan kurungan. Ia didakwa menyalahgunakan kewenangan, sehingga merugikan keuangan negara serta memperkaya diri sendiri atau orang lain, terkait proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang.

Selain itu, terhadap Andi juga dituntut membayar uang pengganti sebesar Rp 2,5 miliar. Jika dalam waktu sebulan setelah putusan tetap tidak dibayar, maka harta benda disita untuk dilelang atau jika harta benda belum cukup, maka diganti dengan pidana penjara selama dua tahun.

Menanggapi tuntutan tersebut, pria yang masih terdaftar sebagai politisi Partai Demokrat (PD) ini yakin bahwa Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta akan menjatuhkan vonis bebas.

“Mudah-mudahan putusan hakim nantinya adil. Mustinya bebas,” kata Andi ditemui usai sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (30/6).

Menurut Andi, dari fakta-fakta persidangan semua saksi menyatakan dakwaan tidak terbukti, baik dakwaan atau tuntutan hanya berdasarkan asumsi.

“Tuntutan jaksa kepada saya 10 tahun penjara dan tambahan hal lain. Apa yang menjadi materi tidak berubah dari dakwaan yang dibuat sebelumnya, hanya asumsi-asumsi,” tegas Andi.

Kuasa hukum Andi menegaskan bahwa pengaturan proyek Hambalang sudah dilakukan jauh sebelum kliennya diangkat sebagai menteri, yaitu sekitar Juni 2009.

Selain itu, menurutnya dalam sidang saksi-saksi mengatakan tidak ada permintaan atau penerimaan fee oleh dirinya. (PRAS/BST)

 

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY