Home Nasional Daerah Gunung Selamet Meletus Lontarkan Hujan Abu

Gunung Selamet Meletus Lontarkan Hujan Abu

0
SHARE
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM, PURWOKERTO – Meski statusnya sempat diturunkan menjadi Waspada, kini Gunung Selamet kembali mengeliat dengan mengeluarkan letusan hujan abu. Gunung yang berada dikawasan Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal dan Brebes, Jawa Tengah, kini kembali bergejolak.

“Sejak statusnya diturunkan menjadi Waspada pada 12 Mei 2014, aktivitasnya cenderung menurun. Saya kira, Gunung Slamet mau tidur, sekarang menggeliat lagi,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Slamet, Sudrajat saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa, 1 Juli 2014.

Ia mengatakan, sejak Minggu (22/6) sore Gunung Slamet kembali mengeluarkan letusan dan hujan abu di lereng sebelah utara. Bahkan, menurut dia, hujan abu tersebut juga menjangkau Pos PGA Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

“Sampai tadi pagi masih ada letusan dan abu. Ini masih berkaitan dengan sisa letusan yang kemarin-kemarin  dan sampai sekarang status masih Waspada,” katanya.

Sekedar informasi,Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada tanggal 10 Maret 2014, pukul 22.00 WIB, menaikkan status Gunung Slamet dari “Aktif Normal” (level I) menjadi “Waspada (level II) karena aktivitasnya cenderung meningkat. Oleh karena intensitas gempa atau letusannya semakin bertambah serta abunya semakin tinggi, PVMBG pada tanggal 30 April 2014, pukul 10.00 WIB, menaikkan status Gunung Slamet dari “Waspada” (level II) menjadi “Siaga” (level III). Selanjutnya, PVMBG pada tanggal 12 Mei 2014, pukul 16.00 WIB, menurunkan status Gunung Slamet dari “Siaga” (level III) menjadi “Waspada” (level II). (ANT/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY