Home Nasional Daerah Rawan Kerusuhan, Polda Jatim Bakal Jaga Ketat Kawasan Tapal Kuda

Rawan Kerusuhan, Polda Jatim Bakal Jaga Ketat Kawasan Tapal Kuda

0
SHARE
Kapolda Jatim, Irjen Pol Unggung Wahyono, Foto : Ist
Kapolda Jatim, Irjen Pol Unggung Wahyono, Foto : Ist
Kapolda Jatim, Irjen Pol Unggung Wahyono, Foto : Ist

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Menjelang dilaksanakannya pemilihan umum presiden (pilpres) pada tanggal 9 Juli mendatang, segenap aparat keamanan sudah mulai sibuk menyiapkan diri untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut. Salah satunya adalah Polda Jawa Timur.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, untuk mengamankan pilpres 2014, pihaknya akan fokus mengamankan sejumlah kawasan rawan di Provinsi Jawa Timur. Satu diantaranya adalah kawasan Tapal Kuda.

“Tapal kuda” menjadi fokus polisi dalam pengamanan Pemilu Presiden 2014. Kawasan itu dikenal meliputi Pulau Madura, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi,” kata Jenderal bintang dua tersebut di Surabaya, Selasa, 1 Juli 2014.

Lebih lanjut ia menjelaskan, khusus untuk daerah Sampang dan Madura pihaknya akan melakukan pengamanan dengan sangat ketat. Sebab didaerah tersebut dikenal dengan daerah panas dan beberapa kali sempat terjadi kericuhan dalam pemilu-pemilu sebelumnua.

“Tapal kuda akan kami antisipasi dari 10 zona pengamanan, karena di Sampang dan Pamekasan, Pulau Madura, sempat terjadi penghadangan petugas penyelenggara Pemilu Presiden 2014. Bahkan di Sampang sampai terjadi dua kali pemungutan suara ulang,” tegasnya.

Selain itu Kapolda juga menambahkan, berdasarkan catatan pihak kepolisian daerah Probolinggo juga mempunyai tingkat kerawanan yang cukup tinggi. Hal tersebut terekam dari aksi persa pora pengrusakan oleh ratusan massa dalam acara pemilihan Walikota Probolinggo tahun lalu.

“Probolinggo juga kita pantau. Yang jelas, 10 zona pengamanan itu akan dijaga Brimob dan Sabhara,” tutupnya. (ANT/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY