Home Nasional Inilah 9 Formulir Yang Harus Ada Dalam Tiap TPS

Inilah 9 Formulir Yang Harus Ada Dalam Tiap TPS

0
SHARE
Ketua KPU, Husni kamil Manik, Foto : Ist
Ketua KPU, Husni kamil Manik, Foto : Ist
Ketua KPU, Husni kamil Manik, Foto : Ist

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Pelaksanaan pemilu presiden (pilpres) tinggal menghitung hari lagi. Bukan hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja yang terlihat sibuk, segenap penyelenggara pemilu sampai tingkat terbawah juga kelihatan sibuk, salah satunya adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

KPPS sendiri sebagai unit terkecil penyelenggara pemilu juga sudah dibekali kemampuan dan pengetahuan soal  pelaksanaan teknis pemilu presiden pada tanggal 9 Juli mendatang. Salah satu kemampuan yang dimiliki KPPS adalah harus dapat mengenali jenis-jenis formulir yang ada disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam setiap TPS setidaknya ada sembilan formulir. Apa sajakah itu? Dikutip dari buku “Panduan KPPS Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden” yang didistribusikan KPU. Sembilan formulir tersebut adalah : 1). C PPWP yaitu berita acara pemungutan dan penghitungan suara di TPS Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. 2). C1 PPWP yaitu sertifikat hasil dan rincian penghitungan perolehan suara TPS dalam pemilu presiden dan wakil presiden. 3). C1 PPWP Plano yang merupakan catatan hasil penghitungan perolehan suara di TPS dalam pilpres tahun 2014 berukuran plano. 4). C2 PPWP yaitu catatan kejadian khusus dan keberatan saksi dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dalam pilpres 2014. 5). Kemudian Formulir C3 PPWP adalah surat pernyataan pendamping pemilih. 6). C4 PPWP adalah Surat pengantar penyampaian Berita Acara Pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.

Selanjutnya, formulir ketujuh adalah C5 PPWP yang merupakan tanda terima Berita Acara Pemungutan Suara dan sertifikasi hasil dan rincian penghitungan perolehan suara di TPS dalam pilpres tahun 2014. 8). C6 PPWP surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih. Dan ke 9) adalah C7 PPWP adalah daftar hadir pemilih di TPS dalam pilpres 2014.

Adapaun anggota KPPS sebanyak 7 orang, 1 orang sebagai Ketua dan merangkap anggota serta dibantu dengan 2 orang petugas lindungan masyarakat (linmas). (MARC/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY