Home Nasional Daerah Jelang Pilpres, 400 Ribu Surat Suara Rusak

Jelang Pilpres, 400 Ribu Surat Suara Rusak

0
SHARE
Surat Suara Pilpres 2014, Foto : Ist
Surat Suara Pilpres 2014, Foto : Ist
Surat Suara Pilpres 2014, Foto : Ist

POROSNEWS.COM, JAKARTA –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengaku telah menerima laporan dari penyelenggara pemilu diberbagai daerah mengenai kerusakan surat suara pemilu presiden.

Komisioner KPU RI Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik, Arief Budiman mengatakan, hingga tanggal 30 Juni 2014, jumlah surat suara yang dilaporkan rusah sebanyak 400.000 lembar dan tersebar di berbagai Kabupaten atau Kota seluruh Indonesia.

“Iya yang rusak itu sekitar 400 ribuan atau setara dengan 0,2 persen dari kebutuhan surat suara secara nasional,” kata Arief saat dijumpai dikantor KPU, Jakarta, Selasa, 1 Juli 2014.

Lebih lanjut mantan Komisioner KPUD Jawa Timur itu menjelaskan, terkait dengan hal tersebut pihaknya akan kembali mencetak jumlah surat suara yang rusak. Proses cetak surat suara sendiri berlangsung satu sampai dengan dua jam, sedangkan proses distribusinya sendiri menunggu jadwal penerbangan ke daerah-daerah bersangkutan.

“Kalau memang pada hari yangsama terdapat jadwal penerbangan, begitu selesai produksi ya langsung kita kirim. Tapi, kalau memang tidak ada yang dikirim pada hari berikutnya,” tegas Arief.

Sekedar informasi, KPU sendiri mencetak jumlah surat suara pilpres sebanyak jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah disahkan dan ditambah 2 persen cadangan secara nasional, sehingga total surat suara yang dicetak sebanyak 192, 2 juta lembar. (BAS/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY