Home Nasional Hukum Jumlah Surat Suara Rusak Bertambah Jadi 580 Ribu

Jumlah Surat Suara Rusak Bertambah Jadi 580 Ribu

0
SHARE
Surat Suara Pilpres, (Foto : Ist)
Surat Suara Pilpres, (Foto : Ist)
Surat Suara Pilpres, (Foto : Ist)

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Jumlah surat suara untuk pemilu presiden yang mengalami kerusakan terus bertambah. Beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan jumlah surat suara yang rusak mancapai 400 ribu lembar. Kali ini mengalami kenaikan, jumlah surat suara rusak menjadi 580 ribu lembar.

Komisioner KPU RI Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik Arief Budiman mengatakan, hingga kini pihaknya terus menerima laporan dan masukan dari berbagai daerah di seluruh Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia terkait kerussakan surat suara.

“Jumlahnya sekarang sekitar 580 ribu atau setara dengan 0,3 persen dari total suara yang diproduksi,” kata Arief di kantor KPU, Jakarta, Selasa, 1 Juli 2014.

Terkait dengan hal tersebut, kini KPU tengah melakukan proses cetak ulang surart suara. Proses pencetakan surat suara sendiri berlangsung cukup singkat, hanya saja persoalan distribusi yang menjadi hambatan. KPU sendiri mengaku soal distribusi surat suara masih menunggu sarana transportasi ke daerah tujuan.

Sekedar informasi pada pilpres 2014 ini, KPU mencetak jumlah surart suara sesuia dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pilpres dan ditambah 2 persen sebagai cadangan. Sehingga jumlah surat suara pilpres yang dicetak sekitar 194 juta-an. (MARC/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY