Home Nasional Hukum Kapolri : 1,2 Juta Personel Gabungan Siap Amankan Pilpres

Kapolri : 1,2 Juta Personel Gabungan Siap Amankan Pilpres

0
SHARE
Pasukan Brimob-Polri Sedang Apel Siaga, (Foto: Ist)
Pasukan Brimob-Polri Sedang Apel Siaga, (Foto: Ist)
Pasukan Brimob-Polri Sedang Apel Siaga, (Foto: Ist)

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Setelah menggerlar rapat koordinasi di Kementrian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kapolri mengatakan untuk mengamankan pemilu presiden (pilpres) 2014, pihaknya bakal menurunkan 1,2 juta personel gabungan, yang terdiri dari satuan Polri, TNI dan anggota Linmas. Sekitar 1,2 juta aparat keamanan terebut akan disiagakan pada tanggal 6-8 Juli diberbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) diseluruh Indonesia.

“Detailnya terdiri dari 1.226.000 personel yang terdiri dari unsur Polri sebanyak 254.088 personel, kemudian TNI sebanyak 35.000 dan 900.000 personel linmas,” kata Jenderal Sutarman dikantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu, 2 Juli 2014.

Sementara itu, Menkopolhukam, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto menghimbau kepada aparat TNI dan Polri untuk selalu siap siaga dalam menjaga dan mengamankan pilpres 2014. Dan untuk menunjang pengamanan pilpres, Djoko Suyanto sendiri memerintahkan kepada aparat TNI untuk mengeluarkal Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) untuk membantu Polri.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada segenap aparat keamaman untuk bertindak tegas dalam menghadapi segala bentuk gangguan yang mengancam pelaksanaan pilpres 2014. Sikap tegas amat diperlukan sehingga pilpres bisa berjalan dengan aman dan kondusif.

“Aparat keamanan akan bertindak bertindak tegas bagi siapapun, golongan manapun yang akan membuat kerusuhan, perkelahian, perusakan, pembakaran dan tindakan melawan hukum,” tegasnya dalam acara serupa.

Sekedar informasi pilpres sendiri dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014, dan diikuti dua pasang kandidat capres-cawapres. Pasangan pertama adalah Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan kedua adalah Joko Widodo-Jusuf Kalla. (KCP/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY