Home EKONOMI Komisi VII: PT Newmont Kurang Beretika

Komisi VII: PT Newmont Kurang Beretika

0
SHARE

newmobn2POROSNEWS.COM – Langkah PT Newmont melakukan arbitrase kepada pemerintah dinilai tidak elok dan tidak beretika karena cenderung memanfaatkan situasi kegaduhan politik menjelang pilpres 9 Juli mendatang.

“Kira-kira gimana kalau ada investor yang sudah lama mengambil keuntungan di wilayah bumi pertiwi kita, disaat seperti ini (pemilu) dia (Newmont) malah memanfaatkannya untuk arbitrase. Menurut saya tidak ini elok, Newmont harus berfikir dlm rangka melakukan good corporate governance,”kata Anggota Komisi VII, DPR, Satya Yudha kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, (3/7).

Di lain sisi, Yudha juga menyesalkan sikap arbitrase PT Newmont karena dilakukan saat proses negoisasi pemerintah masih berlangsung. Karenanya, kata dia, akar masalah yang muncul dipicu oleh internal PT Newmont sendiri.

Sebagai solusi, Yudha menekankan pemerintah agar tetap konsisten menegakkan undang-undang minerba karena dalam undang-undang tersebut tersurat aturan tambahan peralihannya terhadap kontrak yang sedang berlangsung.

“Gak usah kuatir. Klausul yang mereka katakan juga bahwa arbitrase juga bisa dicabut. Jadi sebenarnya mereka mencoba-coba juga. Dia diteken saat pilpres ini,”tandasnya.

“Itu kan disuruh melakukan negoisasi makanya ada kurun waktu 3 tahun. Itu yang mereka lakukan dan sebetulnya sudah lebih kurun waktu itu. Makanya harus pada satu posisi bahwa mereka mensepakati atau tidak,”tegasnya lagi. (Pras)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY