Home Nasional Daerah MK Putuskan Pilpres 2014 Hanya Berlangsung 1 Putaran

MK Putuskan Pilpres 2014 Hanya Berlangsung 1 Putaran

0
SHARE
Mahkamah Konstitusi, Foto : Ist
Mahkamah Konstitusi, Foto : Ist
Mahkamah Konstitusi, Foto : Ist

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) secara resmi memutuskan pemilihan umum presiden (pilpres) 2014 digelar dengan satu kali putaran. Adapun pemenang pilpres adalah pasangan capres-cawapres dengan suara terbanyak.

“Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Ketua MK, Hamdan Zoelva dikantor MK, Jakarra, Kamis, 3 Juli 2014.

Dalam pertimbangannya majelis menyatakan pasal 159 ayat 1 UU No. 42 tahun 2008 tentang pemilu presiden dan wakil presiden bertentangan dengan UUD 1945. Sebab dalam pilpres kali ini hanya diikuti oleh dua pasang capres-cawapres, karena itu majelis menilai bahwa pilpres cukup digelar dengan satu putaran saja.

“Pasal 159 ayat 1 bertentangan dengan UUD 1945 sepanjang tidak dimaknai dan tidak berlaku hanya terdiri dari dua calon,” jelas mantan Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut.

Sekedar informasi, pengujian undang-undang (PUU) tersebut diajukan oleh Forum Pengacara Konstitusi, dan LSM Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Pemohon meminta MK menafsirkan pasal 159 ayat 1 pilpres yang berbunyi “Pasangan calon terpilih adalah pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam pemilu presiden dan wakil presiden dengan sedikitnya 20 persen suara disetiap provinsi yang tersebar dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Pemohon memandang kalusul dalam pasal tersebut menimbulkan ketidakpastian tafsir. Menurut pemohon dalam ketentuan tersebut tidak diketahui jumlah pasangan calon karena pengertian pasangan calon terpilih harus memenuhi syarat-syarat dalam UU tersebut.  Sedangkan realitas pilpres pada tahun ini hanya diikuti oleh dua pasang capres-cawapres. Atas dasar itulah PUU diajukan ke MK.

Pilpres sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014 dan diikuti oleh dua pasang capres-cawapres. Pasangan pertama adalah Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan Kedua adalah Joko Widodo-Jusuf Kalla. (BAS/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY