Home Nasional Hatta: Lingkungan adalah Titipan dari Generasi ke Generasi

Hatta: Lingkungan adalah Titipan dari Generasi ke Generasi

0
SHARE

hatta debatPOROSNEWS.COM –  Calon Wakil Presiden (cawapres) peserta pemilu presiden (pilpres) nomor urut 1, Hatta Rajasa mengatakan lingkungan hidup bukanlah sebuah warisan tetapi titipan generasi ke generasi .

“Lingkungan hidup bukanlah sebuah warisan tetapi ia titipan generasi ke generasi ke depan yang harus dijaga dan ditingkatkan agar generasi mendatang lebih baik lagi,” ujarnya menyampaikan visi misi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dalam debat capres bertema “Pangan, Energi, Lingkungan Hidup”, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7).

Ditambahkan, lingkungan hidup merupakan hal yang penting karena tanpa lingkungan hidup maka akan sulit kembangkan sektor pangan.

“Pangan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya adalah hak asasi manusia yang dijamin Undang-Undang,” imbuhnya.

Untuk itu, negara wajib penuhi pemenuhan pangan dengan membuat terjangkau harga pangan dan terakses dengan mudah pangan.

Pasangan nomor urut 1, lanjut Hatta, juga berkomitmen adanya kedaulatan, kemandirian, dan keamanan di bidang pangan.

“Prinsip kami adalah lakukan arah dan sasaran kebijakan di bidang pangan,” imbuhnya.

Prinsip kebijakan dibidang pangan tersebut diantaranya pertama adanya kecukupan pangan itu sendiri. Kedua terjangkau oleh masyarakat. Ketiga harus pula kembangkan diversifikasi pangan.

“Keempat dan terpenting, kita harus berupaya tingkatkan kualitas pangan yakni mitigasi pangan agar tidak terjadi kerusakan,” ungkapnya.

Sementara dibidang energi, arah dan kebijakannya yang pertama adalah perlu tingkatkan energi, mengurangi impor dan meningkatkan diversifikasi energi dengan energi terbarukan.

“Sementara untuk lingkungan hidup arah kebijakan kami adalah pertama mengatasi ‘global climate change’. Kedua konservasi lingkungan hidup agar ekosistem tetap terpelihara. Ketiga mengatasi serta meningkatkan kualitas air, tanah dan udara dan keempat adalah peningkatan upaya-upaya arah kebijakan tersebut agar kita mampu hadapi masa pasca millenium gold,” imbuhnya. (Pras/bst)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY