Home Nasional Hatta Sodorkan Tiga Solusi Tata Kelola Energi

Hatta Sodorkan Tiga Solusi Tata Kelola Energi

0
SHARE

POROSNEWS.COM – Calon Wakil Presiden (cawapres) peserta pemilu presiden (pilpres) nomor urut 1, Hatta Rajasa mengatakan bahwa untuk menata ulang sektor energi setidaknya dibutuhkan tiga hal penting.

“Kesimpulan untuk menata ulang sektor energi adalah pertama perlu dilakukannya eksplorasi dan riset untuk meningkatkan cadangan. Kedua memberikan kebijakan lebih besar kepada BUMN untuk eksplorasi lebih lanjut dan ketiga adalah melakukan diversifikasi energi dan penghematan energi melalui energi terbarukan,” ujarnya dalam debat capres segmen kedua bertema “Pangan, Energi, Lingkungan Hidup”, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7).

Hal itu disampaikan Hatta Rajasa menanggapi pertanyaan mengenai tantangan dalam mencapai kedaulatan energi di negara ini. Di mana tantangan tersebut di antaranya adanya liberalisasi tata kelola energi, subsidi bahan bakar minyak terus meningkat serta energi terbarukan yang masih rendah dan kecil yakni hanya 6 persen saja, jauh dari target pemenuhan sebesar 25 persen.

Lebih lanjut Hatta juga memaparkan bahwa strategi menata ulang sektor energi bisa dilakukan sambil menghormati kontrak liberal yang sudah ada namun tetap perlu adanya renegosisasi kontrak agar pedapatan negara meningkat, dan bagaimana kemudian energi berkelanjutan bisa terwujud.

“Upaya untuk meningkatkan itu yakni dengan melakukan eksloprasi cadangan, dan kedua adalah penting bagi kita untuk kembangkan sumur-sumur tua. Akan tetapi itu semua bersifat jangka pendek,” tuturnya.

Pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, lanjut Hatta memiliki komitmen untuk mampu meningkatkan capaian kedaulatanenergi hingga 20 persen.

“Untuk capai itu, penting bagaimana kita melakukan penghematan energi, dan bagaimana elastisitas energi kita tekan hingga angka 0,8,” paparnya. (PRAS/BST)

 

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY