Home DUNIA Jerman Tangkap Mata-Mata AS

Jerman Tangkap Mata-Mata AS

0
SHARE

intelPOROSNEWS.COM – Seorang pegawai agen intelijen Jerman ditangkap karena diduga menjadi agen ganda, melakukan tindak mata-mata untuk Amerika Serikat (AS).

Pria berusia 31 tahun itu langsung ditahan dan pihak Kementerian Luar Negeri Jerman memanggil Duta Besar AS untuk Jerman. Mereka menuntut penjelasan atas kasus agen ganda tersebut.

Anggota intelijen Jerman yang juga menjadi mata-mata AS itu, diperkirakan bekerja untuk badan intelijen BND. Dirinya dianggap melakukan penyadapan yang ditujukan kepada Kanselir Jerman Angela Merkel.

Insiden ini terungkap pula berkat bocoran dokumen penyadapan badan intelijen AS National Security Agency (NSA). Insiden tersebut sebelumnya sudah membuahkan kekesalan Jerman terhadap AS.

Berdasarkan keterangan dari komite intelijen Jerman, agenda ganda yang dituduh itu sudah mengakui bahwa dirinya adalah mata-mata AS. Dirinya mengaku memberikan detail mengenai komite intelijen Jerman kepada pihak AS.

Selain itu, mata-mata AS tersebut juga menyerahkan hasil penyelidikan dari tindakan penyadapan yang dilakukan oleh NSA.

“Orang ini tidak memiliki kontak langsung dengan komite penyelidikan, dia bukanlah agen utama,” ujar anggota Parlemen Jerman, seperti dikutipReuters, Sabtu (5/7/2014).

Sebelumnya agen tersebut dicurigai sebagai mata-mata bagi Rusia. Namun kemudian dirinya mengakui bekerja untuk Amerika Serikat.

Selama bekerja sebagai agen ganda, pria tersebut sudah mencuri sekira 218 dokumen rahasia. Tidak hanya mencuri, mata-mata itu juga menjual dokumen rahasia yang diperolehnya. (pn/okz)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY