Home Nasional JK Sebut Pemerintah Lamban Tangani Pangan, Energi dan Lingkungan

JK Sebut Pemerintah Lamban Tangani Pangan, Energi dan Lingkungan

0
SHARE

POROSNEWS.COM – Calon wakil Presiden RI Jusuf Kalla, menyatakan, bila Jokowi-JK terpilih, maka banyak masalah yang penting untuk segera diselesaikan di bidang pangan, energi, dan lingkungan hidup.

“Semuanya urgent karena terlambat menangani di lima tahun terakhir ini. Jokowi-JK berjanji menyelesaikan masalah di bidang pangan, energi, dan lingkungan hidup ini,” kata Jusuf Kalla saat debat tahap kelima capres-cawapres yang dilaksanakan KPU, di Jakarta, Sabtu (5/7).

Selama lima tahun ini, Indonesia mengalami krisis luar biasa di bidang itu. Impor pangan tetap tinggi, terbukti di 2012, ada 2,7 juta ton beras yang diimpor. Padahal di 2008-2009, Indonesia sudah swasembada beras.

Jangka panjang, negara harus mencetak sejuta hektare lahan sawah baru untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Demikian juga di bidang energi yang penting bagi masyarakat juga mengalami krisis. Impor BBM juga sangat tinggi, sementara listrik padam di berbagai kota.

Di bidang pangan, negara meningkatkan produktivitas dengan menyediakan pupuk, bibit dan pengairan. Bukan hanya untuk komoditi beras, tapi juga jenis komoditas lain yang merupakan bahan pokok untuk hidup rakyat.

“Di energi, kita harus berubah. Pertama kita harus perbaiki sistem, dorong penggunaan mixed energi, konversi ke gas untuk BBM. Kita sudah pengalaman mengkonversi di dapur kita dari minyak ke gas. Kedua perbaiki transportasi umum, lalu tingkatan produktivitas energi baik geothermal, air, dan yang lain,” jelasnya.

Di bidang lingkungan hidup, yang merupakan kebutuhan pokok, JK mengatakan Jokowi-JK berkomitmen memperbaiki hutan minimal 2 juta hektare setahun.

“Selain itu, sungai dan kebersihan kota diperbaiki, supaya kita bisa hidup dengan nyaman,” kata dia. (Pras/bst)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY