Home Nasional Urusan Energi, Jokowi Punya 3 Rencana

Urusan Energi, Jokowi Punya 3 Rencana

0
SHARE
Joko Widodo, Jusuf Kalla, (Foto : Ist)

POROSNEWS.COM – Calon presiden nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) membenarkan bahwa Indonesia memiliki sumber energi yang melimpah, namun karena salah kelola negeri ini terpaksa mengimpor minyak dengan menggunakan dana APBN yang sangat besar.

Dalam debat calon presiden di Jakarta Sabtu (5/7) malam, Jokowi memamparkan tiga program utamanya di bidang energi yang ditujukan untuk menjamin kecukupan dalam energi dan memangkas impor.

“Pertama, menyangkut minyak, gas dan panas bumi, kita harus berani memutuskan BBM dilaihkan ke gas, karena ini jelas lebih murah,” kata Jokowi.

“Kedua, infrastruktur yang berkaitan dengan gas itu sendiri. Pipa gas menuju industri dan rumah tangga harus diwujudkan, pemipaan gas bisa dikerjakan dalam waktu tiga tahun.”

“Yang ketiga, energi adalah hal yang berkaitan dengan kemacetan. Ke depan, transportasi publik atau mass transportation harus dikerjakan secara baik di semua kota-kota besar yang ada di Indonesia. Tidak ada kata tidak, agar energi yang ada bisa dipakai seefisien mungkin.”

Jokowi juga menyoroti kurangnya upaya memproduksi sumber energi terbarukan memanfaatkan lahan-lahan tidur yang kurang air, namun bisa ditumbuhi tanaman yang sesuai untuk diolah menjadi biofuel.

“Karena tidak ada riset, tidak ada yang memulai, maka tidak ada upaya ke arah itu,” ujarnya. (Pras/bst)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY